Ajak 15 Bank, Penukaran Uang Lebaran 2018 – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Bank Indonesia atau BI menyiapkan seribu titik di seluruh Indonesia sebagai tempat penukaran uang untuk Lebaran 2018. Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi mengatakan, pihaknya menggandeng 15 bank dalam hal ini.

“Untuk di Jabodetabek, ada 160 titik bekerjasama dengan 15 bank. Tapi total seluruhnya, 1.000 titik di seluruh Indonesia,” ujar Rosmaya di Lapangan IRTI Monas, Jakarta pada Rabu, 23 Mei 2018.

Adapun 15 bank tersebut adalah BNI, Bank Mandiri, BRI, Permata Bank, BNI Syariah, Maybank, BRI Syariah, Bank Mega, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri Syariah, BTN, Bank BJB, Bank DKI, dan BCA.

Dari 1.000 titik tersebut, kata Rosmaya, tidak hanya disediakan perbankan, namun juga bekerjasama dengan non-perbankan menggandeng lembaga atau instansi mitra BI seperti Pegadaian. “Jadi penukaran uang juga bisa dilakukan di PRJ, rest area dan lembaga mitra BI,” ujarnya.

Untuk ketersediaan uang tunai, BI telah menyiapkan sebanyak Rp 188,2 triliun pada saat libur panjang Lebaran 2018 nanti. Angka ini lebih besar dibandingkan Lebaran tahun lalu sebesar Rp 163,2 triliun

Uang tersebut dipersiapkan dalam jumlah yang lebih besar untuk mengantisipasi libur panjang Lebaran nanti. “Kita selalu siapkan uang tunai. Walaupun sekarang banyak yang pakai uang tunai, masyarakat kan lebih suka pegang uang tunai,” ujar Rosmaya.

PT Bank Central Asia Tbk sebelumnya menyatakan akan menambah alokasi uang tunai yang diedarkan di kantor cabang dan ATM di seluruh Indonesia. Total jumlah uang tunai yang disiapkan pada periode libur Lebaran mencapai Rp 41 triliun.

Sementara itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menambah uang tunai sejak awal Ramadan setiap pekannya sebesar Rp 13,7 triliun. “Rata-rata uang yang disiapkan BNI sejak awal Ramadan setiap pekannya adalah Rp 13,7 triliun, baik untuk kebutuhan kantor cabang maupun ATM di seluruh Indonesia,” kata Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI Dadang Setiabudi.

Persiapan kebutuhan uang tunai tersebut disiapkan BNI sejak awal Ramadan, yakni pada 16 Mei hingga pasca-Lebaran, yang jatuh pada 19 Juni 2018. “Rata-rata kebutuhan per pekan sebesar Rp 13,7 triliun dan ada sedikit kenaikan pada pekan ke-4 menjelang Lebaran sebesar Rp 19,9 triliun,” ujar Dadang. –  PT Kontak Perkasa

Sumber: Tempo.co