KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Asia jatuh untuk hari ketiga, dengan produsen energi turun ke level terendah dalam lebih dari lima tahun setelah minyak memperpanjang kemerosotan, sementara saham-saham di Hong Kong anjlok.

Saham BHP Billiton Ltd. turun 5,3%, menjadi hambatan terbesar dalam indeks. Saham CNOOC Ltd merosot 5,5% ke level terendah sejak tahun 2009. Sementara saham Toyota Motor Corp. naik 1,6% di Tokyo akibat pelemahan yen mendorong eksportir Jepang.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,9% menjadi 139,44 pada pukul 04:13 sore di Hong Kong. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun di bawah $ 65 per barel di tengah banyaknya pasokan, meredam ekspektasi inflasi dan mendorong indeks komoditas global ke posisi multi-year terendah.

Arab Saudi, eksportir minyak terbesar di antara Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), adalah kekuatan pendorong di belakang keputusan anggota G-12 pekan lalu untuk menahan produksi tetap stabil.

Indeks S&P/ASX 200 Australia turun 2%, dengan sub-indeks yang mencakup perusahaan-perusahaan minyak turun 6,4%. Indeks energi berada pada titik terendah sejak Desember 2008. Material dan saham-saham energi mencapai sekitar 20% dari indeks acuan ekuitas.