KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa Jepang berayun antara keuntungan dan kerugian, dengan produsen mobil memimpin keuntungan setelah yen melemah dan produsen energi anjlok terkait turunnya harga minyak mentah.
Saham Toyota Motor Corp naik 2,4%, memberikan dorongan terbesar untuk indeks Topix. Saham Takata Corp. melonjak 5,4% setelah pemberi pinjaman Sumitomo Mitsui Financial Group Inc mengatakan siap untuk mendukung krisis sarat bagi pembuat kantung udara kendaraan jika diperlukan. Saham Sony Corp naik 4,5% setelah mengumumkan film ‘The Interview’ menghasilkan sejumlah rekor dalam penjualan online dan pembukaan beberapa produk baru di pameran dagang. Saham-saham energi terus tergerus, dengan Jepang Drilling Co. dan JX Holdings Inc. tenggelam setidaknya 0,8%. Sementara saham Ryohin Keikaku Co, operator merek Muji, turun 8% setelah melaporkan laba.
Indeks Topix naik 0,5% ke level 1,367.61 pada istirahat perdagangan di Tokyo setelah turun sebanyak 0,6%. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,5% ke level 16,974.61. Yen melemah 0,7% menjadi 119,16 per dolar setelah kemarin menguat 1%, terbesar dalam tiga minggu terakhir. Minyak mentah jatuh kemarin dan turun sekitar 10% dalam tahun ini. Saham-saham AS melemah setelah data menunjukkan industri jasa negara tersebut diperluas pada laju paling lambat dalam enam bulan terakhir.