KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Jepang berayun antara kenaikan dan penurunan seiring para penjelajah energi dan kilang minyak naik sementara tiremakers, penerbangan dan pengirim jatuh setelah harga minyak naik ke level sebulan tertinggi.
Inpex Corp, perusahaan explorer terbesar Jepang, melonjak 6,1 % sementara operator jasa minyak JGC Corp naik 4 % dan saham refiner JX Holding menguat 4,5 %. Tiremaker Bridgestone Corp turun 2,9 % dan saham Toyo Tire & Rubber Co melemah 2,3 % terkait naiknya harga minyak mentah mengancam akan menaikan biaya. Saham Japan Airlines Ltd turun 3,3 %. Saham Sony Corp naik 1,9 % setelah Credit Suisse Group AG menaikkan target harga, mengutip kekuatan dalam bisnis game dan kemajuan dalam restrukturisasi divisi mobile. Saham Panasonic Corp naik 2,3 % setelah mengatakan akan mengakhiri produksi televisi di China.
Indeks Topix turun 0,2 % ke level 1,405.70 pada istirahat perdagangan di Tokyo, membalikkan kenaikan sebesar 0,5 %. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 0,3 % ke level 17,510.81. Minyak mentah kemarin melonjak 2,8 %, memacu saham AS rally dari 2 pekan terakhir. Sementara itu, mata uang yen menguat 0,3 % ke level 117,25 per dolar.
Minyak mentah memperpanjang pemulihan dari pekan lalu hampir 6 tahun terakhir mencapai level terendahnya, naik ke level sebulan tertinggi di New York. Produsen minyak di AS menutup produksi di rig dan para pekerja minyak di pabrik akuntansi melakukan aksi mogok untuk 10 % dari kapasitas penyulingan pasokan AS, mengirim harga lebih tinggi.