Saham Jepang naik tipis dalam perdagangan, mengirim Indeks Topix memperpanjang kenaikan mingguan, saham utilitas memimpin kenaikan dan para investor mempertimbangkan data inflasi, output industri dan penjualan ritel.
Saham Tokyo Electric Power Co melonjak 5,2 % untuk kenaikan terbesarnya di Indeks Nikkei 225 Stock Average setelah laporan eksekutif yang mungkin tidak akan didakwa atas bencana nuklir Maret 2011.
Saham Sumitomo Mitsui Financial Group Inc, perusahaan pemberi pinjaman terbesar kedua di Jepang berdasarkan nilai pasar, naik 0,7 % setelah setuju untuk membeli bisnis konsumen perbankan Jepang Citigroup Inc. Zojirushi Corp, yang membuat rice cooker dan termos, anjlok 5,4 % setelah memperkirakan penurunan laba sebesar 31 %.
Indeks Topix naik 0,4 % ke level 1,427.50 pada penutupan perdagangan di Tokyo, membatasi kenaikan 1,3 % selama pekan ini. Volume pedagangan sebesar 33 % lebih rendah dari rata-rata 30-hari. Indeks Nikkei 225 naik 0,1 % ke level 17,818.96. Indeks Tokyo Stock Exchange Mother perusahaan kecil menguat 4,6 %, sedangkan yen melemah 0,1 % ke level 120,23 per dolar.
Tingkat inflasi Jepang melambat untuk bulan ke-4 berturut-turut, menambah tantangan Ketua bank sentral Haruhiko Kuroda dalam meningkatkan aktivitas perekonomian dunia terbesar ketiga.
Harga konsumen tidak termasuk makanan segar meningkat 2,7 % dari tahun sebelumnya pada bulan November, menurut biro statistik hari ini, turun 2,9 % dari bulan sebelumnya dan sesuai dengan perkiraan rata-rata para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. (knc)
Sumber : Bloomberg