Kontak Perkasa Futures – Pengaruh Cara Berpakaian Pada Karier

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Karen Pine, seorang profesior psikologi di Universitas Hertfordshire mengatakan penelitiannya menunjukkan bahwa apa yang dipakai seseorang memiliki dampak besar terhadap kesan orang lain atas diri mereka dan peluang karier mereka kelak.

Ia mengatakan perempuan yang busana kerjanya “agak provokatif” akan dinilai kurang kompeten dan oleh karenanya mereka cenderung jarang mendapat promosi. Orang membuat penilaian atas diri orang lain dalam waktu 30 detik.

“Pria yang mengenakan setelan jas dari toko akan dinilai kurang sukses dan kurang fleksibel dibandingkan koleganya yang mengenakan setelan jas yang dibuat khusus di tukang jahit pesanan”.

Ada pula bukti – bukti yang mengindikasikan bahwa penampilan tidak saja mempengaruhi persepsi orang tetapi juga mempengaruhi performa mereka.

Pine mengatakan ada studi di Jerman yang meminta orang untuk menjelaskan karakter mereka ketika mengenakan pakaian formal atau kasual.

Berdasarkan hasil studi, mereka lebih cenderung mendeskripsikan diri “rapi dan strategis” ketika mengenakan pakaian formal dan “santai atau ceroboh” ketika mengenakan pakaian kasual.

Ia juga menunjuk contoh sebuah maskapai yang bereksperimen dengan meminta staf mengenakan busana kasual akhirnya justru kembali ke seragam karena para karyawan merasa lebih percaya diri ketika mereka berbusana formal – KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : bbc.co.uk.com