PT Kontak Perkasa – Cara Cerdas Investasi Saham

PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA – Setiap orang pasti memiliki pilihan jenis investasi terbaik bagi dirinya, hal ini tentu dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan juga risiko mengenai jenis investasi itu sendiri.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami dengan jelas mengenai jenis investasi dan berbagai risiko yang terdapat di dalam investasi itu sendiri. Beberapa jenis investasi yang belakangan ini banyak dipilih adalah investasi saham.

Investasi ini dianggap memiliki sejumlah keuntungan yang jauh lebih besar, jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, seperti: deposito dan tabungan. Namun keuntungan tersebut juga dibarengi dengan sejumlah risiko yang terbilang besar, karena itu sangat penting bagi anda untuk memahaminya secara detail, bukan hanya keuntungannya namun risikonya juga.

Untuk membantu anda, simak cara cerdas berinvestasi saham di bawah ini, agar anda bisa berhasil saat melakukannya :

1. Pilih Perusahaan / Manager Investasi Yang Baik

Saat ini, ada banyak perusahaan / manager investasi yang bisa anda temukan dengan mudah. Namun jangan cepat-cepat menentukan pilihan, anda harus mendapatkan satu perusahaan / manager investasi terbaik yang akan mengelola dana anda dengan tepat. Dapatkan berbagai informasi mengenai sepak terjang mereka di dunia investasi, hal ini bisa dapatkan lewat internet.

2. Lakukan Riset Yang Cukup

Jangan terburu – buru ketika akan berinvestasi pada sebuah bidang tertentu, pastikan anda telah melakukan riset yang cukup untuk melihat peluang anda di dalam investasi tersebut.

Riset yang tepat, bisa saja menjadi kunci keberhasilan bagi investasi yang akan anda lakukan nanti, sebab keputusan yang tepat akan ditemukan dari berbagai fakta dan juga data yang cukup.

3. Kenali Perusahaan Yang Akan Didanai

Pastikan anda berinvestasi hanya pada perusahaan yang memiliki manajemen dan juga sumber daya manusia mumpuni. Jangan mengambil risiko dengan melakukan investasi di perusahaan yang memiliki manajemen bobrok dan SDM yang lemah, ini akan berisiko membuat anda mengalami kerugian atas investasi yang dilakukan.

4. Pertimbangkan Kondisi Keuangan Perusahaan

Selain manajemen dan SDM nya, anda juga wajib mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang akan anda danai tersebut. Ketahui dengan jelas mengenai kondisi keuangan mereka, yang meliputi: jumlah aset, kewajiban / utang, arus kas, dan berbagai aspek lainnya.

Sangat penting untuk memastikan keuangan perusahaan tersebut dalam kondisi layak “sehat”, sehingga dana investasi anda akan memiliki nilai yang menguntungkan di masa depan.

5. Pahami Bidang Usaha Perusahaan Tersebut

Hindari risiko berinvestasi pada perusahaan yang bergerak di bidang yang tidak anda pahami dengan baik. Misalnya mereka berada pada bisnis yang terbilang rumit dan sulit untuk anda mengerti, maka sebaiknya anda tidak berinvestasi pada perusahaan tersebut. Kondisi seperti ini hanya akan membuat anda kebingungan dan mengalami kesulitan di masa yang akan datang.

6. Pikirkan Jangka Panjang

Ada baiknya anda mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam jangka panjang, agar bisa terhindar dari risiko gejolak pasar modal. Biasanya pergerakan saham dalam jangka panjang lah yang akan menggambarkan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya, dan bukan pergerakan dalam jangka pendek. Anda akan lebih aman jika melakukan investasi dalam jangka panjang.

7. Hindari Ambisi Berlebihan

Bisa saja sewaktu-waktu perusahaan melakukan ekspansi pada bidang di luar bisnis utama mereka, hal ini akan membuat fokus mereka pada bisnis utamanya menjadi terganggu. Jangan mengambil risiko dengan perusahaan seperti ini, karena ambisi yang berlebihan atas perusahaan tersebut bisa saja menimbulkan sejumlah kerugian bagi para pemegang sahamnya.

8. Jangan Mengacu pada Indeks Saja

Ketika ada sejumlah orang yang beramai – ramai membeli sebuah produk tertentu, maka bukan berarti itu produk itu adalah yang terbaik. Jangan selalu berpatokan pada papan indeks saja, dan mengambil keputusan hanya karena melihat pencapaian sebuah perusahaan di masa lalu.

Keputusan investasi tidak bisa diambil hanya dengan melihat berbagai aspek penilaian terhadap perusahaan tertentu, anda lah yang akan memberi penilaian tersebut dan mengambil keputusan atas investasi yang akan dilakukan.

9. Kendalikan Diri

Pasar saham adalah dunia yang tidak bisa ditebak, akan selalu penuh kejutan dan juga perubahan-perubahan yang cepat. Namun sebagai investor yang cerda anda tidak harus ikut-ikutan panik tidak terkendali.

Berpikirlah tenang dan selalu terkendali saat mengambil berbagai keputusan penting di dalam investasi anda. Jangan mudah terpengaruh oleh berbagai perilaku dan kepanikan dari orang lain.

10. Fokus Pada Industri yang Berpotensi

Saat melakukan investasi, tentu anda bertujuan untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Jangan berpindah – pindah pada sektor industri yang tidak anda pahami dengan baik. Tetaplah fokus pada industri tertentu yang memberikan keuntungan yang cukup kompetitif dan stabil – PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : economy.okezone.com