Cara Cepat Pengecasan Mobil Listrik – Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa Futures Yogyakarta – Mobil listrik sendiri adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah.

Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik.

Hal ini disebabkan karena harga minyak yang melambung tinggi pada tahun 2000-an serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi gas rumah kaca. Sampai bulan Novemver 2011, model-model listrik yang tersedia dan dijual di pasaran beberapa negara adalah Tesla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy, Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia listrik, dan BYD e6. Nissan Leaf, dengan penjualan lebih dari 20.000 unit di seluruh dunia (sampai November 2011), dan Mitsubishi i-MiEV, dengan penjualan global lebih dari 17.000 unit (sampai Oktober 2011), adalah kedua mobil listrik paling laris di dunia.

Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan yang potensial jika dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa. Yang paling utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor. Selain itu, mobil jenis ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya. Pada akhirnya, ketergantungan minyak dari luar negeri pun berkurang, karena bagi beberapa negara maju seperti Amerika Serikat dan banyak negara Eropa, kenaikan harga minyak dapat memukul ekonomi mereka.

Mobil bertenaga listrik memang menjadi solusi untuk kendaraan ramah lingkungan. Namun masih banyak pemilik mobil listrik mengeluh, lantaran pengisian baterainya memakan waktu yang lama. Meski begitu, kini ada terobosan terbaru. dari Perusahaan teknologi asal Inggis, yaitu Augmented Optics bersama dengan peneliti di University of Surrey dan University of Bristol, telah mengembangkan material jenis baru yang dapat menyimpan lebih banyak listrik dan mengisi ulang lebih cepat daripada superkapasitor yang ada saat ini.

Superkapasitor konvensional saat ini terdiri dari dua elektroda pada elektrolit. Namun, keduanya memiliki kepadatan yang rendah sehingga terlalu berat untuk digunakan dalam aplikasi tertentu, seperti halnya mobil.Material baru yang sedang disiapkan Augmented Optics bersama peneliti di University of Surrey dan University of Bristol adalah jenis polimer.

Dalam siaran persnya, disebutkan bahwa, pengembangan dari Augmented Optics Ltd bisa membuat pengisian ulang baterai mobil listrik sangat cepat, secepat pengisian bahan bakar mobil konvensional. Diklaim, hanya beberapa menit proses pengisian, baterai mobil sudah bisa dipakai untuk menjangkau jarak yang jauh.

“Bahan yang didasarkan pada molekul organik yang besar, terdiri dari banyak sub-unit dan terikat bersama untuk membentuk jaringan tiga dimensi,” kata Peneliti dari University of Bristol, Dr Ian Hamerton.

Material ini juga diklaim lebih ringan. Ini memberikan keuntungan untuk mobil listrik sehingga mampu menjangkau jarak yang lebih jauh lagi.

Augmented Optics tidak hanya membuat teknologi ini untuk mobil. Mereka juga mengembangkannya untuk perangkat elektronik lain.