Kontak Perkasa Futures – Cara Tahan Emosi Negatif Dalam Diri

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA - Tangisan, amarah, kebencian dan cinta selalu mengisi kehidupan manusia. Namun, ada kalanya emosi negatif menguasai dan mengubah kita menjadi pribadi yang temperamental.

Jika kita tidak dapat mengontrol emosi negatif, tentunya bisa membahayakan orang – orang di sekitar kita. Orang temperamental tidak terlahir seperti itu.

Emosi negatif bisa tumbuh layaknya tumbuhan, Awalnya hanya ada dalam pikiran, tetapi begitu tertanam sangat lama dan orang membiarkan emosi tersebut menetap, tanpa mereka sadari.

Akhirnya, saat emosi bangkit karena sebuah pemicu layaknya bom yang meledak. Berikut cara untuk mengontrol emosi negatif :

1. Jangan Cepat Bereaksi

Terlalu cepat bereaksi atas sesuatu hal bisa menjadi pemicu emosi dan ini adalah kesalahan besar. Dijamin, anda akan mengatakan atau melakukan sesuatu yang nantinya disesali.

Langkah pertama, ambil napas dalam – dalam selama lima menit hingga otot dan detak jantung anda kembali normal. Setelah anda menjadi lebih tenang, anda bisa menguasai emosi anda.

2. Pendekatan Pada Tuhan

Apapun agama anda, membina hubungan dengan Tuhan membantu anda mengatasi hambatan anda lebih mudah. Hal ini karena ketika anda percaya pada kekuatan yang lebih tinggi, anda juga percaya pada kekuatan dan campur tangan ilahi untuk menunjukkan apa yang harus anda lakukan, mengajarkan anda mengapa sesuatu terjadi atau bahkan menyelamatkan anda dari situasi tertentu yang tidak diinginkan.

Ketika dibebani dengan emosi, tutup mata anda, bayangkan sebuah solusi positif untuk masalah anda, dan meminta alam semesta untuk menerangi jalan terbaik ke depan.

3. Cari Pelampiasan Yang Sehat

Cari pelampiasan emosi yang menyehatkan. anda bisa bertemu dengan keluarga, teman atau sahabat yang anda percaya dan meminta pendapat mereka untuk memperluas pandangan anda. Menulis buku harian juga bisa menjadi solusi.

Banyak orang merasa terbantu untuk terlibat dalam latihan agresif, seperti kick boxing atau seni bela diri, untuk melepaskan perasaan mereka. Lainnya bermeditasi untuk ketenangan bathin.

4. Membuka Mata Lebih Lebar

Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, baik atau buruk, memiliki tujuan yang lebih besar. Kebijaksanaan berarti mampu melihat masa lalu, saat ini dan memahami arti yang lebih besar dari situasi tertentu.

Anda mungkin tidak mengerti pada awalnya, tapi seiring berjalannya waktu, anda akan mulai memahaminya. Bahkan di tengah – tengah emosi menjengkelkan, percayalah bahwa ada tujuan akhir yang inda untuk anda.

5. Berpikir Positif

Ganti pola pikir anda. Emosi negatif menguasai kita untuk terus berpikir negatif dan menciptakan siklus pola yang juga negatif.

Setiap kali anda dihadapkan dengan emosi yang membuat anda merasa atau berpikir sesuatu yang buruk, paksa itu keluar dari pikiran anda dan menggantinya dengan pikiran yang berbeda.

Bayangkan resolusi yang ideal untuk masalah anda, berpikir tentang seseorang yang membuat anda bahagia atau mengingat suatu peristiwa yang membuat anda tersenyum.

6. Ikhlas

Pemicu emosional anda bisa jadi sahabat, pasangan, anggota keluarga, diri sendiri atau yang lainnya. Anda bisa saja membenci diri sendiri ketika melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak seharusnya anda lakukan.

Tetapi ketika anda memaafkan dan perlahan melepaskan kebencian itu, anda ikut terbebas dari kebencian, kecemburuan atau kemarahan yang terlalu lama.

Ketika anda memaafkan, anda akan menemukan diri anda lebih tenang dan tidak lagi dihantui oleh perasaan negatif – KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : inilah