PT Kontak Perkasa Futures – Ciri – Ciri Ketangguhan Dalam Kerjasama Tim

PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Tim dalam perusahaan terbentuk dari sekumpulan karyawan yang dikoordinir oleh seorang manajer atau ketua tim.

Umumnya tim kerja tersebut dibentuk sebagai suatu kebutuhan perusahaan dalam upaya mencapai visi perusahaan tersebut. Melalui tim kerja yang dibentuk diharapkan fungsi dalam mengontrol perusahaan akan berjalan lebih efektif.

Pentingnya kerjasama dalam suatu perusahaan diibaratkan sebagai tiang atau pondasi dalam menunjang perkembangan perusahaan. Esensi dari kerjasama tim yang baik sebagai cermin berhasilnya suatu perusahaan.

Teamwork harus memiliki etika dan landasan moral tinggi yang menjadi integritas tim dalam memberi kontribusi kepada perusahaan.

Dengan kepemimpinan yang kuat dari seorang manager akan menciptakan teamwork yang kuat pula. Keistimewaan atau kekuatan yang terdapat dalam kerjasama tim tersebut antara lain :

  • Melibatkan lebih banyak orang sehingga ada banyak sumber daya dan energi
  • Memaksimalkan potensi pemimpin dan meminimalkan kelemahan yang dimilikinya. Tetapi jika bekerja sendiri kelemahan akan terlihat jelas
  • Memiliki lebih banyak sudut pandang dan alternatif terhadap segala situasi mengenai cara pemenuhan kebutuhan atau pencapaian tujuan.Sedangkan pemikiran seorang diri tidak seluas sudut pandang kelompok
  • Berbagi kebanggan atau rasa bersalahdalam kemenangan atau kekalahan yang dihadapi, sehingga melahirkan komunitas yang sesungguhnya yang memiliki kerendahan hati  yang tulus
  • Kerjasama tim menjadikan para pemimpin bertanggungjawab terhadap tujuanperusahaan
  • Teamwork bisa menyelesaikan pekerjaan lebih banyak daripada melakukan seorang diri

Ketangguhan dan kekuatan sebuah tim kerja terlihat dari orang-orang terpilih di posisi tertentu dalam tim tersebut dan mampu menjalankan tugas sesuai kompetensi yang dimilikinya.

Semakin tinggi kekuatan hubungan di antara manager dan karyawan semakin tinggi pula kekuatan tim tersebut sehingga tingkat kesalahan dapat ditekan sekecil mungkin.

Ciri-ciri yang mencerminkan katangguhan tim meliputi :

1. Kesamaan visi dan misi kerja

Anggota dan pemimpin tim dalam perusahaan memiliki sudut pandang yang relatif sama dalam menjalankan tugas perusahaan sehingga berorientasi dan fokus pada proses dan hasil.

Adanya perbedaan pendapat yang terjadi dianggap sesuatu yang wajar karena adanya saling menumbuhkan pengertian terhadap masing-masing anggota yang dipandu oleh manajer.

2. Prioritas terhadap sesuatu yang bertujuan baik terhadap tim

Baik buruknya hasil yang diperoleh perusahaan dipandang sebagai akumulasi dari kinerja anggota tim. Mampu mencapai dan mempertahankan tujuan organisasi yang lebih besar secara konsisten.

3. Anggota tim atau karyawan berkomitmen tinggi pada pekerjaan

Tim yang kuat biasanya tercermin dari kekuatan para karyawan dalam menjalankan tugasnya. Besarnya tanggung jawab dibuat secara seimbang kepada para karyawan agar energi yang dikeluarkan untuk perusahaanrelaif seimbang dengan keluarga atau lingkungan sosial.

4. Anggota tim dapat membaur menjalin kerjasama tim dalam keragaman

Karyawan atau anggota tim dalam perusahaan dapat hidup berdampingan dalam latar belakang berbeda. Keragaman yang menjadi kekuatan tim tidak dilihat dari sisi fisik saja melainkan karateristik personal sebagai kekuatan alami.

5. Tim yang kuat sebagai magnet talenta

Pemimpin tim atau manajer mengkondisikan suasana kerja seintensif mungkin namun tetap dalam suasana nyaman tanpa ada tekanan psikologis.

Menumbuhkan tantangan dan suasana kompetisi serta sifat tanggungjawab terhadap anggota tim. Setiap anggota didorong meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan melalui pelatihan.

Kerjasama tim yang tangguh adalah harapan setiap perusahaan, namun tim tersebut tidak timbul secara tiba-tiba tetapi dibentuk dan dikembangkan melalui perencanaan operasional yang terukur.

Dukungan operasional tersebut berupa sumber daya, fasilitas, waktu dan upaya yang sistematis. Oleh karena itu diharapkan setiap manajer harus bisa menciptakan pertumbuhan tim melalui pelatihan dan hubungan kerja antar anggota dengan manajer secara intensif – PT KONTAK PERKASA FUTURES