Kontak Perkasa Futures – Diet Rendah Kalori Buat Organ Sehat

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA – Diet rendah kalori biasanya lebih disamakan dengan program penurunan berat badan. Tetapi kini peneliti berhasil membuktikan bahwa diet jenis ini juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk membantu menyehatkan organ tubuh dan membuat anda panjang umur.

Dalam studinya yang telah dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research, peneliti Huiru Tang, Yulan Wang, Yong Liu dan para partnernya menuliskan bahwa pada dasarnya terlalu banyak makan alias overeating dapat menyebabkan masalah kesehatan yang bisa saja “mempersingkat” hidup seseorang, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Studi ini dilakukan dengan melibatkan beberapa ekor tikus. Para Anggota tim pun mencoba mencari tahu alasan metabolik mengapa diet seperti ini dapat memberikan manfaat tersebut. Dalam studi ini, tikus – tikus tersebut dibagi menjadi empat kelompok.

Kelompok pertama diberikan diet rendah lemak, kelompok kedua diet rendah lemak dengan pembatasan kalori, kelompok ketiga diberi tinggi lemak, dan kelompok keempat diberikan diet tinggi lemak dengan pembatasan kalori.

Masing – masing tikus diberikan diet tersebut selama lebih dari satu tahun. Tim kemudian menggunakan analisis resonansi magnetik nuklir untuk memeriksa efek metabolik pada sampel darah dan urine tikus.

Hasilnya, ditemukan bahwa pembatasan kalori memiliki efek yang jauh lebih besar pada hasil metabolisme dari pada jumlah lemak dalam diet.

“Tikus dengan diet kalori tinggi mengalami peningkatan stres oksidatif, gangguan metabolisme lipid, dan glikolisi, dibandingkan dengan tikus yang diberikan diet rendah kalori,” – KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : health.detik.com