KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar Melemah Picu Harga Emas Menguat

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA – Harga emas naik dipicu penurunan dolar dan minat para investor untuk memilih aset yang lebih aman karena ketidakjelasan kondisi keuangan jangka panjang imbas Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa. tetapi harga emas masih dalam posisi puncaknya pada Jumat minggu lalu sejak Maret 2014 di US$ 1.358,20 /ounce.

Minggu lalu banyak pihak yang kaget akan keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa. Kondisi ini berimbas dengan harga emas yang melonjak lebih dari 8 % karena logam mulia selalu dianggap sebagai pelindung nilai terhadap risiko ekonomi dan keuangan. Harga emas di pasar Spot naik 1 % menjadi US$ 1.324,90 /ounce. Sementara harga emas AS ditutup naik 0,7 % ke posisi US$ 1.326,90 /ounce.

“Walaupun ketidakpastian masih berada di depan mata, tetapi ekuitas selalu mencari jalannya selama beberapa hari terakhir,” ungkap Jonathan Butler dari Mitsubishi Corp. Menurutnya, emas akan disokong kemungkinan The Fed untuk menaikkan suku bunga dalam beberapa bulan ke depan dalam jangka menengah.

Sementara itu, pasar saham dunia terus pulih setelah minggu lalu memcatat kerugian besar, sementara dolar turun 0,5 % terhadap sekumpulan mata uang utama. “Jika British Exit terlihat sangat berdampak pada pasar, bank sentral pasti akan mengambil langkah untuk menenangkan pasar, dan hal ini tidak akan baik untuk emas,” ungkap Jiang Shu.

Para pemimpin – pemimpin Eropa sudah meminta Inggris untuk bertindak cepat mengatasi kebingungan politik dan ekonomi yang dipicu British Exit. “Orang – orang sudah mulai menyadari dengan gaung dari British Exit, tidak hanya pada Inggris tetapi Eropa, Amerika Serikat serta seluruh dunia,”ujar US Money Reserve Philip Diehl. Pasar pasti akan terus memantau data ekonomi Amerika Serikat yang menjadi petunjuk waktu dari rencana kenaikan suku bunga berikutnya oleh Federal Reserve – KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : bisnis.liputan6.com nj nj nj nj nj nj nj nj nj nj