KONTAK PERKASA FUTURES – Ekspor China naik melebihi dari perkiraan bulan lalu akibat meningkatnya permintaan dari luar negeri telah membantu mendorong pertumbuhan ekonomi.
Ekspor bulan Desember naik 9.7% dari awal tahun 2104 dengan melebihi perkriaan rata-rata sebesar 6% dari survei Bloomberg News. Sementara impor turun 2.4%, dibandingkan dengan proyeksi penurunan 6.2%, sehingga menyebabkan surplus neraca perdagangan sebesar $49.61 miliar, menurut rilis data dari Kantor Bea dan Cukai di Beijing hari ini.
Elemen utama ekspor China tetap menunjukkan pergerakan yang positif selama 2014 lalu, sehingga mendorong perekonomian yang dibayangi oleh penurunan sektor property. GDP (gross domestic product) tahun lalu naik 7.4%, kenaikan terrendah sejak 1990 silam, menurut proyeksi para ekonom.
Perkiraan dari 40 ekonom terkait angka pertumbuhan ekspor hari ini berkisar dari 1.3% hingga 11%. Perkiraan impor berkisar dari penurunan 10% hingga kenaikan 8%. Perkiraan rata-rata surplus neraca perdagangan sebesar $49 miliar, turun dari rekor bulan November sebesar $54.5 miliar.