KONTAK PERKASA FUTURES – Emas dan perak berjangka turun ke level tiga minggu terendah setelah ekonomi AS menambahkan lebih banyak pekerjaan di bulan Januari dari perkiraan, mendorong spekulasi bahwa Federal Reserve akan bergerak menuju kenaikan suku bunga pertamanya sejak 2006.
Kenaikan gaji menyentuh gain tiga bulan terbesar dalam 17 tahun, dan pendapatan pekerja melonjak, laporan pemerintah menunjukkan pada hari Jumat. Dolar menuju kenaikan terbesar dalam 18 minggu terhadap sekeranjang 10 mata uang, mengikis daya tarik logam mulia sebagai penyimpan nilai.
Emas telah turun 5,8% dari level tertinggi lima bulan pada bulan Januari setelah ekonomi AS memperoleh traksi dengan berjangka pada hari Jumat dibawah 200 hari moving average. Ekuitas global mengalami reli pekan ini, meredam daya tarik logam sebagai investasi alternatif.
Emas berjangka untuk pengiriman April turun 2,2% menjadi $ 1,234.60 per ons pada pukul 1:51 siang di Comex di New York. Sebelumnya, harga emas menyentuh level $ 1,228.20, terendah untuk kontrak teraktif sejak 15 Januari.