KONTAK PERKASA FUTURES – Emas ditransaksikan dibawah level $1,200 per ons terkait spekulasi emas reli ke level tertingginya dalam dua pekan terakhir mungkin akan mengurangi permintaan seiring dolar menguat. Silver, platinum dan palladium turun.

Emas untuk pengiriman segera turun sebesar 0.5% ke level $1.191.69 per ons dan ditransaksikan di level $1.193.40 pukul 12:56 siang di Singapura, menurut harga generic Bloomberg. Harga emas naik ke level $1.204.68 kemarin, level tertinggi sejak 30 oktober lalu dan sedikit menghapus kerugian tahunan, seiring pejabat Rusia mengatakan akan menambah cadangan emas dan volume kontrak emas acuan di Shanghai Gold Exchage’s naik ke level tertinggi dalam 19 bulan terakhir.

Indeks Spot Dolar mendekati level tertingginya lebih dari lima tahun terakhir hari ini sebelum The Fed merilis risalah pertemuan bulan 28-29 Oktober lalu, ketika itu The Fed mengakhiri pembelian aset bulannya ditengah turunnya harga minyak sementara itu Bank Sentral lainnya menambah stimulus moneternya.

Bank of Japan (BoJ) menyimpulkan hasil pertemuan selama dua hari pada hari ini, pertama sejak  peningkatan stimulus bulan lalu. Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin mengatakanakan mempercepat pemilu dan menangguhkan kenaikan pajak penjualan yang direncanakan, mengirimkan yen ke level terendah dalam tujuh tahun terakhir terhadap dolar