Artikel 52KONTAK PERKASA FUTURES – Emas naik ke level tertingginya dalam hampir 4 pekan tertingginya seiring kekhawatiran bahwa pertumbuhan global melambat terhadap spekulasi memicu Federal Reserve AS dapat mendorong kembali kenaikan tingkat suku bunga, mendorong permintaan untuk penyimpan kekayaan.

Emas untuk pengiriman segera naik sebesar 1 persen ke level $ 1,235.01 per ons, level tertingginya sejak 17 September lalu, dan sebelumnya berada di level $ 1,233.98 pukul 10:31 waktu Singapura, menurut Bloomberg harga generik. Sementara Silver, platinum dan paladium semua meningkat setidaknya 0,8 persen.

Bullion menguat sebesar 2,7 persen pekan lalu untuk kenaikan terbesarnya sejak periode sampai 20 Juni seiring Indeks Spot Dolar Bloomberg reli 7 pekan dan indeks ekuitas global dengan Indeks MSCI All-Country World melemah. Jika pertumbuhan di luar negeri lebih lemah dari yang diharapkan, efek pada ekonomi AS bisa memimpin The Fed untuk menghapus akomodasi lebih lambat daripada yang diperkirakan, menurut Wakil Ketua Stanley Fischer pada 11 Oktober kemarin.

Dana Moneter Internasional pekan lalu memangkas proyeksi pertumbuhan global dan mengatakan zona euro menghadapi risiko resesi. Pedagang melihat tentang peluang 33 persen The Fed akan menaikkan tingkat suku bunga acuan pada pertemuan Juli 2015 mendatang, turun dari angka sebelumnya 59 persen pada 18 September lalu, menurut data yang disurvei oleh Bloomberg.