KONTAK PERKASA FUTURES – Emas rebound seiring Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menegaskan kembali penolakan pemerintahnya terhadap program bailout negara dan meningkatnya kekhawatiran bahwa konflik Ukraina memicu berkurangnya permintaan untuk aset haven.
Bullion untuk pengiriman segera naik 0,4 % ke level $ 1,238.98 per ons dan berada di level $ 1,238.64 pukul 9:20 pagi waktu Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Harga emas turun ke level $ 1,228.48 pada 6 Februari, yang merupakan level terendahnya sejak 15 Januari lalu, setelah data AS menunjukkan akan menambahkan pekerjaan melebihi perkiraan pada bulan Januari, meningkatkan ekspektasi bahwa Federal Reserve akan bergerak menuju kenaikan suku bunga pertama sejak 2006.
Perdana Menteri Yunani Tsipras berjanji untuk meningkatkan upah minimum dan menghentikan privatisasi infrastruktur pada hari Minggu. Konflik terjadi hampir setahun terakhir, Ukraina memasuki minggu penting untuk melanjutkan pada hari ini di Berlin bertujuan untuk mempersiapkan pertemuan puncak para pemimpin Jerman, Perancis, Rusia dan Ukraina di Minsk, Belarus, pada 11 Februari mendatang.
Ukraina, Amerika Serikat dan Uni Eropa mengatakan Rusia mendukung separatis di Ukraina timur. Hampir 5.400 orang telah tewas dalam pertempuran sejak April, menurut PBB. Upaya diplomatik minggu ini datang seiring AS dan beberapa sekutu Eropa mempertimbangkan untuk memasok senjata ke Ukraina.