KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Jepang melonjak tajam dalam 6 pekan terakhir seiring yen melemah terhadap dolar pasca Federal Reserve mengatakan akan bersabar dalam menaikkan suku bunga AS.

Eksportir Toyota Motor Corp naik 3,5 % dan saham Honda Motor Co menguat 2,2 %. Saham Skymark Airlines Inc. melonjak 5 %, mengalami lonjakan pada pekan ini sebesar 57 %. Perusahaan kosmetik Shiseido Co merosot 3,6 % setelah presiden mengatakan, pihaknya secara agresif membeli merek. Perusahaan pembuat makanan beku Dairei Co anjlok 5,3 % pada debut perdagangannya. Semua 33 kelompok industri Indeks Topix (TPX) meningkat.

Indeks Topix menguat 2,5 % ke level 1,386.09 pada istirahat perdagangan di Tokyo, menuju lonjakan terbesarnya sejak 4 November lalu, terkait hampir 30 saham yang naik untuk setiap saham yang turun. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 2,6 % ke level 17,247.84. Yen diperdagangkan pada level 118,54 per dolar hari ini setelah kemarin melemah 1,9 %. Saham AS mengalami penguatan terbesarnya sejak 2013 lalu seiring Ketua Janet Yellen mengatakan The Fed tidak mungkin untuk bergerak sebelum akhir April mendatang dan suku bunga akan tetap rendah untuk ‘waktu yang lama.’

Kontrak pada Indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah hari ini. Yang mendasari indeks ekuitas AS melonjak 2 % kemarin setelah The Fed berjanji sebelumnya untuk tetap menjaga suku bunga mendekati nol untuk ‘waktu yang cukup,’ dan meningkatkan penilaian dari pasar tenaga kerja.