PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA –  Karet berjangka Tocom Siang ini terlihat mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan penurunan harga juga pada minyak mentah sesi Asia. Harga minyak mentah dibuka dipasar saham Asia mengalami keanjlokan harga setelah dua hari rallu kuat yang di picu oleh kekuatiran Inggris akan meninggalkan Uni Eropa setelah referendum pada minggu ini, yang memungkinkan pelaku pasar untuk mengharuskan fokus kembali pada masalah kelebihan pasokan.

Harga minyak berjangka AS kontrak juli yang akan ditutup pada bulan depan ini merosot 18 sen ke harga $ 49,19 per barelnya pada 00.47 GMT. Kontrak pada bulan Agustus lebih aktif diperjualbelikan, yang menjadi kontrak baru bulan depan pada Rabu, yang dimana menurun 19 sen pada harga $ 49,77 per barelnya. Kontrak berakhir naik hampir 3 persen di harga $ 49,96 per barelnya di hari Senin. Sedangkan kontrak minyak mentah berjangka bulan depan mengalami penurunan harga smpai 31 sen ke harga $ 50,34 per barelnya. Hari Senin mengalami kenaikan di harga $ 1,48 atau sekitar 3 persen di harga $ 50,65 per barelnya. Kontrak tersebut telah melambung naik keatas sekitar 7 persen semenjak pemukiman Kamis, setelah jatuh 10 persen dalam enam sesi sebelumnya.

Kontak Perkasa Futures

Melemahnya harga minyak mentah menjadikan biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Yang berdampak terhadap permintaan komoditas karet alami seperti yang diperjualbelikan di Tocom juga ikut mengalami penurunan. Pada pernjualan hari ini, harga komoditi karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan November 2016 terlihat menurun sebesar -3,7 yen yang menjadi 152,2 yen per kilo nya, yang anjlok dari penutupan sebelumnya itu di 155,9 per kilogramnya.

Hasil dari analis R&D center memperkirakan bahwa pergerakan pada harga karet berjangka Tocom pada penjualan siang ini diperkirakan akan diakhiri dengan penurunan harga, dipengaruhi oleh lemahnya harga minyak mentah. Akan tetapi penjualan pada sesi sore ini perlu diperhatikan akan terjadi potensi pelemahan terhadap Yen yang dapat mengangkat harga karet Tocom. Harga Komoditas karet di bursa Tocom akan mencoba di level Support pada harga 147,00 yen dan 142,00 yen. Yang kemudian harga akan menemui Resistanse pada level 157,00 dan 162,00 yen jika harga kembali berbalik ke teritori positif. – KONTAK PERKASA