Kontak Perkasa Futures Yogyakarta – Hidup Sehat Itu Simpel

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Banyak orang menganggap menjalani gaya hidup sehat itu ribet. Beberapa aturan bahkan terkesan membatasi pola dan menu makan, porsi berolahraga, sampai jam tidur.

Masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kota – kota besar, boleh jadi sulit menjalani gaya hidup sehat. Sebab, gaya hidup sehat menganjurkan orang untuk menghindari konsumsi makanan berminyak, sementara di Indonesia makanan cepat saji atau aneka gorengan tersebar di mana – mana.

Selain itu, banyak dari mereka yang abai terhadap jam tidur karena sibuk bekerja atau terlalu lama menghabiskan waktu di jalan. Padahal, untuk hidup sehat, seseorang perlu waktu yang cukup untuk beristirahat.

Meski begitu, hasil survei Nielsen’s New Global Health and Ingredient Sentiment Survey menyimpulkan bahwa masyarakat Indonesia semakin sadar akan pola makan sehat.

Salah satu faktor  pendorongnya ialah untuk menghindari penyakit mematikan akibat gaya hidup tak sehat, seperti obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Bila anda termasuk salah satu yang mulai sadar untuk menjalani gaya hidup sehat, jangan ragu untuk melakukannya.

Untuk permulaan, jalani dulu cara gaya hidup sehat yang paling simpel. Setelah terbiasa, baru anda boleh mengikuti gaya hidup sehat yang lebih “ketat”. Berikut 5 langkah sederhana gaya hidup sehat untuk pemula :

1. Minum air putih yang cukup

Begitu banyak manfaat air putih bagi kesehatan tubuh. Seluruh organ tubuh membutuhkan air untuk bisa bekerja dengan optimal.

Oleh karena itu, dengan disiplin minum air putih setiap hari, kadar air dalam tubuh akan seimbang sehingga tidak terjadi dehidrasi.

Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, setelah bangun tidur, saat beraktivitas di siang sampai sore hari, dan sebelum tidur. Dampaknya, tubuh tetap bugar dan fit sepanjang hari.

2. Tidur cukup

Seringkali kesibukan membuat seseorang menyepelekan jam tidur. Ada yang baru tidur setelah lewat tengah malam, ada pula yang hanya tidur selama 4 – 5 jam dalam sehari.

Jika seseorang kurang tidur, maka kesehatan fisik dan jiwanya akan terganggu. Sebaiknya, tidur sebelum pukul 12 malam dan usahakan untuk tidur berkualitas selama minimal 6,5 jam dan tidak lebih dari 9 jam setiap harinya.

3. Perhatikan gizi makanan

Pastikan kandungan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, lemak, serta serat ada dalam menu makan pagi, siang, dan malam.

Pilihan makanan yang bisa anda santap, di antaranya nasi, opor ayam, tahu, ditutup dengan sayuran dan air putih, atau kentang, steak daging, sup kacang merah, serta salad sayur dan buah.

4. Konsumsi yogurt secara rutin

Yogurt mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti protein, kalsium, vitamin B6 dan B12. Mengonsumsi yogurt setiap hari mampu menghasilkan pencernaan yang sehat, mengurangi lemak pada tubuh, serta membuat napas dan mulut terasa segar.

Salah satu yogurt yang baik untuk dikonsumsi setiap hari ialah Heavenly Blush Wholesome Original. Yogurt dengan rasa original ini tidak mengandung banyak gula dan lemak, tetapi mengandung prebiotik yang baik untuk pencernaan, serta mampu memberi asupan kalsium yang tinggi.

5. Beraktivitas dengan seimbang

Sesibuk – sibuknya bekerja, jangan lupakan olahraga dan istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidak memforsir tubuh untuk terus bekerja sepanjang hari.

Sebaiknya, sediakan waktu 30 menit untuk berolahraga setiap hari. Olahraga sederhana yang dapat dilakukan sit up, push up, planking, wall sit, berjalan kaki, dan naik turun tangga.

Mudah, bukan menjalani gaya hidup sehat? Jadi, tak ada alasan untuk menunda gaya hidup sehat. Sejumlah figur publik ini pun tak mau menunda menjalani pola hidup sehat – KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : biz.kompas