KONTAK PERKASA FUTURES – Indeks Berjangka China menguat ditengah spekulasi menurunnya data ekonomi akan mendorong prospek berlanjut pada kebijakan pelonggaran moneter.

Kontrak berjangka pada Indeks CSI 300 yang berakhir Desember ini catat gain 1% ke level 3,235.80 pukul 9:20 pagi waktu setempat. Produksi industri bulan lalu diperkirakan tumbuh 7.5%, menurut perkiraan yang dihimpun oleh Bloomberg, melambat dari bulan Oktober lalu sebesar 7.7%. Rilis data tersebut mengikuti laporan awal pekan ini yang menunjukkan tingkat inflasi dan indeks harga produsen turun lebih dari perkiraan sebelumnya. China menurunkan target pertumbuhan ekonomi tahun depan saat Central Economic Work Conference yang telah berakhir kemarin, menurut China Business News.

Kemarin Indeks Shanghai Composite melemah 0.5% ke level 2,925.74, mengantarkan ideks acuan tersebut bergerak ke penurunan mingguan pertama dalam sebulan terakhir. Indeks acuan tersebut telah menaglami kenaikan 18% dalam sebulan terakhir ini ditengah spekulasi bank sentral akan memangkas rasio cadangan kas setelah bulan lalu menurunkan suku bunga yang pertama kalinya dalam 2 tahun terakhir guna memicu pertumbuhan ekonomi.

Kemarin Indeks CSI 300 melemah 1.2%. Indeks Hang Seng China Enterprises melemah 1%, Sementara Indeks Hang Seng melemah 0.9%. Volume perdagangan saham pada Indeks Shanghai sebesar 34% diatas 30 hari rata-rata, menurut rilis data yang dihimpun oleh Bloomberg.