KONTAK PERKASA FUTURES – Indeks saham berjangka Eropa sedikit berubah, setelah ekuitas turun untuk pertama kalinya dalam 6 hari terakhir, seiring para investor melihat situasi politik di Yunani.
Kontrak pada Indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir bulan Maret naik 0,1 % ke level 3,355 pukul 07:10 pagi waktu London. Indeks Standard & Poor 500 berjangka naik 0,1 %. Bank menyeret saham Eropa melemah pada hari Senin, terkait tumbuhnya kekhawatiran atas Yunani setelah Perdana Menteri Alexis Tsipras menegaskan kembali penolakannya terhadap program bailout internasional negara tersebut.
Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis menghadapi 18 mata uang utama zona euro pada 11 Februari mendatang pada pertemuan darurat di Brussels. Kanselir Jerman Angela Merkel telah menunjukkan sedikit kemauan untuk berkompromi pada kondisi yang melekat pada bailout Yunani sebagai negara Mediterania mencoba menggalang dukungan untuk rencana pendanaan jelang pertemuan para menteri keuangan.
Yunani akan mencari sekitar dana sebesar 10 miliar euro ($ 11.3 miliar) dalam pembiayaan jangka pendek mencoba untuk mencegah krisis pendanaan saat mengulur waktu untuk mendorong kreditur untuk meringankan tuntutan penghematan, menurut seorang pejabat pemerintah yang tidak mau disebutkan namanya karena negosiasi bersifat rahasia.