KONTAK PERKASA FUTURES – Saham China menguat ke level tertinggi tiga tahun, mengirim Indeks Shanghai Composite melewati level 3.000, Terkait spekulasi bahwa pemerintah China akan melonggarkan kebijakan moneter untuk mendukung perekonomian pasca data manufaktur membuntuti perkiraan.

Citic Securities Co dan Haitong Securities Co, perusahaan sekuritas terbesar di negara itu, melonjak 10% batas harian pada prospek pemerintah tidak akan mengendalikan bisnis margin-trading mereka. Industri & Commercial Bank of China Ltd dan PetroChina Co, perusahaan yang paling berat bobot dalam indeks Shanghai, naik lebih dari 2%.

Indeks Shanghai Composite naik 2,3% menjadi 3,021.52 pada sesi penutupan, level tertinggi sejak April 2011. Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong turun 0,7%. Agio atas saham daratan dibandingkan dengan mereka di Hong Kong meningkat menjadi 19%, yang tertajam sejak November 2011.

PMI ‘dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics berada di angka 49,5, diluar perkiraan rata-rata dari 49,8 dalam survei Bloomberg. Nagka pembacaan hari ini menunjukkan penurunan tajam pada bulan Desember bahkan setelah upaya bank sentral untuk meringankan kondisi moneter, termasuk dengan pemangkasan suku bunga acuan bulan lalu.

Indeks CSI 300 naik 2,7%. Indeks Hang Seng turun 1,6%, terseret oleh penurnan lebih dari 3% pada Tencent Holdings Ltd dan Galaxy Entertainment Group Ltd. Indeks Bloomberg China-US Equity turun 0,6% di New York kemarin.