KONTAK PERKASA FUTURES – Indeks Topix naik ke level tertingginya dalam 6 pekan terakhir, memperpanjang reli saham global menyusul janji Federal Reserve untuk bersabar pada suku bunga dan seiring bank sentral Jepang menahan stimulus.

Saham Daiwa Securities Group Inc menguat 4,8 %, broker memimpin kenaikan. Saham Isuzu Motors Ltd melonjak 4,9 % setelah Morgan Stanley menaikkan rating pada saham. Saham Sony Corp merosot 1,3 %, memangkas kenaikan 4,8 % kemarin.

Indeks Topix naik 2,4 % ke level 1,409.61 di Tokyo, penutupan tertingginya sejak 4 November lalu dan membatasi kenaikan sebesar 0,7 % pekan ini. Semua kelompok industri kecuali 1 dari 33 kelompok industri meningkat. Indeks Nikkei 225 menguat 2,4 % ke level 17,621.40. Saham memperpanjang kenaikan dan mata uang yen melemah pasca Bank of Japan (BoJ) mempertahankan rencananya untuk catat rekor stimulus di tengah resesi pada perekonomian terbesar kedua di Asia.

BOJ menyelesaikan pertemuan selama 2 hari dan menegaskan rencananya untuk memperluas basis moneter pada laju tahunan sebesar 80 triliun yen ($ 676 miliar), pencocokan perkiraan oleh semua 33 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg News.

Pemerintah Perdana Menteri Shinzo Abe memberikan anggaran sebesar 3.5 triliun yen untuk menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi, membawa fiskal yang lebih untuk menopang kemerosotan Jepang dari perkiraan sebelumnya, Indeks Nikkei melaporkan hari ini. Kabinet akan menyetujui stimulus pada 27 Desember awalnya diperkirakan bernilai antara 2 dan 3 triliun yen.