KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa Saham China melemah pada hari ke-3, pelemahan terlama secara berturut-turut sejak November tahun lalu ditengah kekhawatiran reli pasar ekuitias global dengan performa terbaik tersebut dalam setahun terakhir telah relative besar terhadap outlook perekonomian.
Aluminum Corp. of China Ltd. melemah 6.1%. PetroChina Co., menurun 3.7%. Poly Real Estate Group Co. melemah 3%.
Indeks Shanghai Composite melemah 1.7% ke level 3,229.32 pada sesi penutupan, itu level terendah sejak 30 Desember tahun lalu. Pelemahan selama 3 hari merupakan terlama sejak Bank Sentral China pada November lalu secara mengejutkan mengumumkan penurunan suku bunga. Hari ini UBS AG menyatakan bahwa valuasi pada saham-saham dengan kapitalisasi besar telah mencapai level yang wajar dan bull market diperkirakan akan berakhir meskipun laba membaik.
Pekan lalu Indeks Shanghai reli 1.6% pada kenaikan pekan ke-9, kenaikan terlama secara berturut-turut sejak Mei 2007 lalu. Indeks acuan tersebut telah melonjak 60% dalam setahun terakhir dan merupakan indeks saham dengan performa terbaik diantara 93 indeks global lainnya seperti diutarakan oleh Bloomberg, ditengah spekulasi pemerintah akan melonggarkan kebijakan moneter guna mendukung pertumbuhan ekonomi. Pekan lalu acuan saham tersebut diperdagangkan 12.3 kali dari proyeksi pendapatan dalam 12 bulan, level tertingginya sejak Mei 2011 lalu, menurut rilis data yang dihimpun oleh Bloomberg.