KONTAK PERKASA FUTURES – Dari berbagai jenis investasi yang dikenal di dunia, investasi bersama perusahaan pialang berjangka adalah investasi paling rumit, beragam, menantang sekaligus memberi marjin keuntungan cukup tinggi jika Anda rajin belajar selama berinvestasi dan pandai membaca situasi. Jenis investasi ini cocok bagi investor agresif karena sifatnya yang susah ditebak dan sering tergantung situasi. Pergerakan keuntungan dalam investasi dengan kontrak berjangka juga tergantung dari jenis produk yang Anda pilih.

Walau secara garis besar produk investasi berjangka hanya ada tiga macam yaitu logam, energi dan produk pertanian, macamnya bisa sangat banyak. Jenis produk yang dipilih tentu saja harus disesuaikan oleh situasi, kondisi pasar, kemampuan dan minat Anda, pengetahuan dalam jenis komoditas tertentu dan sebagainya. Produk untuk investasi dengan kontrak bersama pialang berjangka ini dikeluarkan oleh lembaga Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia. Pastikan Anda mengetahui jenis-jenisnya sebelum memilih salah satu agar tak menyesal. Berikut adalah semua produk untuk investasi dengan kontrak berjangka.

 

Produk Berupa Logam dan Turunannya

Banyak orang pasti mengenal produk logam dan turunannya yang biasa digunakan untuk investasi, terutama emas dan timah. Emas, utamanya, sangat populer. Berikut beberapa produk turunan dari logam untuk investasi kontrak berjangka melalui pialang berjangka:

  • Tin atau timah, yaitu jenis logam yang berharga untuk menyokong berbagai kegiatan industro, terutama untuk memperkuat barang logam seperti baja dengan melapisinya. Apalagi, timah sangat melimpah di Indonesia sehingga tak heran produk ini menjadi salah satu produk investasi andalan.
  • GOLDID dan GOLDUD, yaitu sistem kontrak nilai emas yang sifatnya bergulir serta tidak pernah melibatkan emas fisik. GOLDID dihitung dengan kurs rupiah dan GOLDUD dengan dolar Amerika. Ini adalah salah satu pilihan favorit untuk investasi dengan pialang berjangka di Indonesia.
  • GOLDGR, yaitu sistem kontrak emas namun dengan melibatkan emas secara fisik, dimana emas yang diperdagangkan hanya boleh yang memiliki sertifikat Antam plus kemurnian 99.999% dan 24 karat.

 

Produk Berupa Energi

Dalam investasi dengan kontrak berjangka, hanya ada dua produk besar yang terus dijadikan alat penentu nilai transaksi yaitu minyak bumi mentah dan batu bara. Ini potensial juga dijadikan sebagai komoditas transaksi, tetapi resikonya cukup besar apalagi harga minyak bumi belakangan sering tidak terduga. Sementara itu, ada yang tak begitu menyukai batu bara karena pamornya mulai buruk sebagai sumber pencemaran lingkungan.

Jadi, jika tak paham situasinya dan tak memiliki wawasan dasar yang bagus, sebaiknya tak ambil resiko.

 

Produk Pertanian dan Perkebunan

Ada beberapa produk pertanian dan perkebunan yang cocok diperdagangkan di Indonesia sebagai produk investasi kontrak berjangk:

  • Minyak sawit mentah yang biasa disebut CPO alias Crude Palm Oil. Ini adalah komoditas yang sangat melimpah di Indonesia dan dibutuhkan oleh berbagai perusahan dunia, sehingga sangat bernilai. Untuk transaksinya menggunakan kontrak Olein.
  • Kopi dan kakao atau cokelat, yaitu dua komoditas paling digemari di seluruh dunia. Banyak tempat yang bahkan bukan penghasil cokelat atau kopi namun sangat tergantung pada kedua komoditas ini, misalnya berbagai negara di Eropa terutama yang mendekati lingkar Kutub (yang bukan iklim ideal untuk bertanam cokelat dan kopi).

Dari semua jenis komoditas investasi pialang berjangka tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Coba telusuri setiap jenis produk; jangan sampai Anda salah memilih produk atau malah melewatkan kesempatan mendapat produk bagus.