KONTAK PERKASA FUTURES – Indeks saham berjangka China catat penurunan pasca indeks tersebut melampaui level 3.000 untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir kemarin. Sementara satu tahun pertukaran suku bunga hari ini naik ke level tertinggi sejak krisis uang tunai pada Juni 2013 lalu.

Kontrak berjangka pada Indeks CSI 300 yang berakhir pada bulan Desember turun 1 % ke level 3,291.20 pukul 09:18 pagi. Sementara saham Citic Securities Co dan Haitong Securities Co, sebagai  broker terbesar di negara itu, mungkin akan turun setelah saham Credit Suisse Group AG melemahkan saham broker. China Oilfield Services Ltd mungkin berada di laju penurunan tercepat bagi perusahaan energy tersebut setelah harga minyak turun ke level terendah dalam lima tahun terakhir.

Indeks Shanghai Composite naik 2,8 % ke level 3,020.26 kemarin, merupakan level tertinggi sejak April 2011 lalu. Indeks CSI 300 menguat 4,1 persen, sehingga memperpanjang kenaikan hingga 28 % selama 12 hari terakhir. Sementara Indeks Shanghai Composite reli sebesar 24 %  selama bulan lalu, merupakan yang tertinggi di antara 93 indeks global yang dilacak oleh Bloomberg, sehingga memacu para investor untuk membuka rekening saham di laju tercepat dalam tiga tahun terakhir, hal itu juga menarik keluarnya skeptis yang mengatakan keuntungan yang diperkuat oleh pinjaman uang dan tidak mencerminkan fundamental perekonomian negara tersebut.