KONTAK PERKASA FUTURES – Kepemimpinan Dalam Ketidakpastian

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA – Kondisi ketidakpastian adalah sesuatu yang saat ini semakin nyata dan memiliki kekerapan yang tinggi. Artinya, kondisi yang serba tidak menentu dan selalu berubah semakin sering terjadi dalam jangka waktu yang pendek. Ketidakpastian yang semakin cepat terjadi dan sering melanda pada berbagai aspek bisnis, adalah menjadi suatu tantangan yang begitu dahsyat bagi para Pemimpin, tidak terkecuali anda.

Terkadang situasi seperti itu membuat mereka sangat frustasi. Apakah hal serupa juga Anda alami saat ini? Jika jawabannya adalah ya, maka anda bukan yang pertama dan bukan yang satu – satunya. Berikut adalah Jurus Sakti yang kami sajikan khusus untuk anda para Pemimpin guna menghadapi sesuatu yang tak pasti itu.

Jurus tersebut bernama VUCA. Jadi, kondisi yang penuh dengan ketidakpastian tersebut kita atasi dengan Jurus VUCA ini. Lantas apakah VUCA itu? VUCA sebagai Jurus untuk menghadapi ketidakpastian merupakan singkatan dari beberapa tahapan dan cara yang terstruktur, terencana dan teratur, yang membuat Anda lentur dan tangguh merespon segala ketidakpastian.

VUCA terdiri dari 4 langkah, berikut ulasannya :

V berarti Vision berarti visi atau pandangan jauh kedepan untuk mengatasi kondisi Volatile atau perubahan yang sementara dan cepat. Jurus yang pertama ini terbukti sangat ampuh. Penelitian yang dilakukan oleh Jack Canfield membuktikan 75 persen orang atau pemimpin yang sukses adalah mereka yang memiliki visi yang jelas dan lugas.

Intinya, ketika kita memiliki Visi yang jelas, jangan pernah kompromi dengan Visi itu jika terjadi perubahan yang mendadak. Tapi silakan Anda dan tim yang Anda pimpin berkompromi dengan cara untuk mencapai visi itu. Maka dengan demikian, visi yang lugas akan berfungsi sebagai pemandu jalan mencapai harapan sekaligus rel yang kuat ketika terjadi kondisi ketidakpastian yang dramatis.

U bermakna Understanding atau pemahaman untuk mengatasi situasi Uncertainty atau ketidakapastian. Jurus yang kedua ini sungguh sangat dianjurkan ketika ketidakpastian datang silih berganti, dengan pemahaman yang menyeluruh dan paripurna terhadap situasi itu. Maka apapun ketidakpastian yang terjadi bisa diantisipasi.

Dengan pemahaman yang kuat, akan membuat kita semakin percaya bahwa pada setiap perubahan atau ketidakpastian, tersembunyi peluang untuk kemajuan. Temukan peluang tersebut dengan pemahaman yang baik serta pengetahuan yang selalu diperbarui. Anda sebagai Pemimpin memiliki kewajiban untuk memastikan seluruh manusia yang kita pimpin juga memiliki pemahaman atau persepsi yang sama atau ada dalam frekuensi yang sama.

C untuk Clarity atau ketajaman atau kejelasan, jurus yang ketiga ini sangat pas digunakan untuk mengatasi kondisi Complex atau rumit, dimana kondisi tersebut sebagai salah satu penyebab ketidakpastian menjadi nyata. Ya, memang hanya dengan ketajaman maka segala kompleksitas yang ada dalam situasi yang tidak pasti bisa diurai satu per satu.

Ketajaman ini hanya akan kita dapatkan ketika 2 jurus di atas anda praktikkan secara simultan atau bersama – sama. Salah satu bentuk aplikasi dari tahap clarity adalah, mulai saat ini anda dan Tim yang anda pimpin wajib memiliki paradigma menyelesaikan masalah yang rumit dengan cara yang sederhana, atau melakukan simplifikasi.

A berarti Agility atau kelincahan, ketangkasan dan kegesitan. Jurus yang keempat ini memangsangat cocok untuk mengatasi keadaan Ambiguous atau situasi ambigu yang menyelimuti ketidakpastian. Ketika kondisi berubah menjadi ambigu dan sulit untuk ditafsirkan apa makna dibalik ketidakpastian tersebut, kelincahan bergerak adalah cara paling jitu untuk merespon apapun makna dari kondisi yang ambigu tersebut.

Jurus keempat ini bermakna bahwa setelah ketiga jurus di atas anda lakukan maka kini saatnya berfokus kepada tindakan alias action, ya karena hanya tindakan yang akan menimbulkan dampak.

Maka mulai saat ini, kita tidak perlu resah dan gelisah serta galau dengan berbagai macam ketidakpastian. Gunakan jurus sakti VUCA untuk menghadapi itu semua, dan saksikan keajaiban yang akan terjadi, bahwa kita bahkan mampu secara pasti melangkah ditengah ketidakpastian – SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : bisniskeuangan.kompas.com