PT Kontak Perkasa Futures – Kerjasama Kunci Awal Mencapai Kesuksesan

PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA - Selayaknya makhluk sosial, manusia tidak dapat melakukan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya tanpa bantuan orang lain sehingga tidak dapat dipisahkan dari komunitasnya.

Secara alamiah setiap orang selalu membutuhkan peran dan kehadiran orang lain. Sama halnya dalam dunia bisnis, pengusaha tidak akan sukses dengan hasil kerjanya sendiri, pasti ada pihak lain baik itu rekan bisnis maupun anggota dalam perusahaan yang membentuk kerjasama tim yang baik.

Oleh karena itu kerjasama merupakan kunci awal dalam mencapai kesuksesan. Kerjasama menunjukkan adanya kesepakatan dan kesadaran tanggung jawab antara dua orang atau lebih dengan tujuan menghasilkan keuntungan lebih.

Salah satu pakar juga menyebutkan bahwa kerjasama yang dikenal dengan istilah “kemitraan” merupakan suatu strategi bisnis yang dilakukan dua pihak atau lebih dalam jangka waktu yang telah ditetapkan untuk meraih keuntungan bersama dengan memegang prinsip saling membutuhkan.

Pengertian kerjasama tim di atas, mengandung makna penting yaitu :

- Dua orang atau lebih, mengandung pengertian bahwa kerjasama akan terbentuk jika ada  minimal dua orang atau dua pihak yang melakukan kesepakatan bisnis. Oleh karena itu berhasil tidaknya kerjasama tersebut ditentukan oleh peranan kedua pihak tersebut.

- Aktivitas, bahwa kerjasama akan terjadi karena ada aktivitas atau usaha yang dikehendaki bersama, sebagai alat dalam mencapai tujuan yang membutuhkan strategi bisnis.

- Tujuan atau target, merupakan aspek yang menjadi otoritas atau sasaran dari kerjasama tersebut. Keuntungan yang diterima atau dirasakan kedua pihak baik secara finansial ataupun nonfinansial.

- Jangka waktu, kerjasama tim yang dibentuk kedua pihak dibatasi oleh waktu dengan maksud ada kesepakatan kedua belah pihak kapan kerjasama tesebut berakhir setelah tujuan bisnis yang dikehendaki tercapai.

Dari uraian pengertian diatas, dapat dipahami bahwa kerjasama terbentuk karena adanya kesadaran dan saling menguntungkan kedua belah pihak. Kerjasama dalam tim selain mempermudah meraih keuntungan bersama, juga memiliki manfaat lain yaitu:

- Kerjasama dalam tim mendorong timbulnya persaingan dalam mencapai tujuan serta adanya peningkatan produktivitas. Produktivitas yang tinggi didapatkan bila terjadi pengurangan input, tetap diperoleh output yang semakin besar.

- Kerjasama dalam tim memicu berbagai upaya individu agar dapat bekerja secara efektif, produktif, dan efisiensi yang diartikan pencapaian kerja yang hemat, tidak boros sehingga menimbulkan keadaan menguntungkan baik dari segi waktu, biaya, maupun tenaga.

- Kerjasama dapat mendorong terciptanya sinergi sehingga menekan biaya operasional dan menyebabkan persaingan meningkat.

- Tanggung jawab sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing.

- Kerjasama menciptakan hubungan harmonis antara kedua belah pihak yang terlibat, serta dapat meningkatkan rasa kesetiakawanan.

- Kerjasama tim menghasilkan praktek yang sehat serta meningkatkan motivasi anggota.

- Mendorong partisipasi dalam menjaga dan melestarikan kondisi dan situasi dilingkungannya tempat kerjanya.

Berdasarkan manfaat efisiensi dan produktivitas anggota, dapat pula dicapai manfaat kualitas, kontinuitas, dan kuantitas. Kerjasama penggabungan kekuatan dan potensi dapat menutupi kelemahan masing – masing pihak yang terlibat.

Kerjasama menunjukkan adanya dua kesepakatan yang saling menguntungkan melalui kontribusi sesuai potensi yang dimiliki sehingga untung dan rugi yang didapatkan atau dialami kedua belah pihak bersifat proporsional dalam arti sesuai dengan kontribusi yang disumbangkan sehingga resiko masing – masing menjadi berkurang.

Melalui penjelasan diatas kerjasama tim menggambarkan adanya rasa senasib dan sepenanggungan antara pihak yang terlibat.

Dua orang atau lebih yang melakukan aktivitas bersama dijalankan secara terarah dan terpadu untuk mencapai target dan tujuan sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan merupakan arti penting dari kerjasama – PT KONTAK PERKASA FUTURES