7 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Tanpa Racun – Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa Futures – Jika ada tikus berkeliaran di rumah pastinya kamu akan merasa terganggu. Apalagi jika tikus tersebut bukan hanya berkeliaran tapi juga mulai menggerogoti makanan atau malah pakaian di rumah. Bagaimana cara mengusir tikus dari rumah tanpa racun?
Meracun tikus memang bisa jadi pilihan untuk mengusir hewan tersebut dari rumah. Hanya saja dengan cara ini, tikus bisa mati di tempat yang sulit dijangkau sehingga itu akan semakin membuat masalah baru bagi kamu.

Nah berikut cara mengusir tikus dari rumah tanpa racun yang bisa kamu ikuti:

1. Bersihkan Makanan Dari Tempat yang Terjangkau Oleh Tikus
Hanya membutuhkan sedikit makanan untuk membuat tikus masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu untuk mencegah tikus, singkirkan semua sumber makanan dengan menyimpan biji-bijian, makanan hewan, dan barang kering lainnya dalam wadah logam.

Pastikan tikus tidak menemukan tempat untuk dijadikannya sarang, dengan menyimpan semua bahan yang lembut dan halus seperti kain, permadani, dan selimut di dalam kotak plastik atau logam yang berat. Tikus bahkan akan mengunyah karton, kertas, dan plastik ringan untuk membuat sarang, jadi pastikan kamu tidak meninggalkannya sembarangan di rumah.

2. Tutup Semua Lubang Akses Masuk Tikus
Cara mengusir tikus dari rumah tanpa racun, cobalah segel semua entri yang memungkinkan untuk tikus masuk ke rumah kamu. Seperti lubang-lubang kecil atau retakan yang ada di rumah. Tikus bisa melewati lubang yang sangat kecil (jika kepalanya bisa tembus, tubuhnya pun bisa). Naikkan papan, atau tusuk sabut baja ke dalam lubang agar tikus tidak kembali ke dalam rumah.

3. Gunakan Minyak Peppermint, Cabai Rawit dan Cengkeh
Untuk menghindari tikus masuk ke dalam rumah, kamu bisa menggunakan aroma seperti minyak peppermint, cabai rawit dan cengkeh. Caranya kamu cukup rendam sedikit bola kapas dalam minyak dari cabe rawit, pepermint atau cengkeh, kemudian biarkan bola kapas di tempat tikus bersarang atau biasanya dia lewati.

Pilihan lainnya adalah membuat sachet kain katun tipis dari cabai rawit kering, mint, dan cengkeh utuh, lalu membiarkannya di tempat yang cenderung jadi tempat tikus sembunyi, seperti di bawah tempat tidur dan sudut.

4. Taruh Bak Kotoran Kucing Bekas di Sekitar Pintu Masuk Rumah
Cara mengusir tikus dari rumah tanpa racun ini memang keberhasilannya belum pernah dibuktikan dalam sebuah riset. Hanya saja bau urin kucing kabarnya bisa membuat tikus pergi dalam sekejap.

5. Berikan Amonia Berbau Seperti Urin
Isi tutup botol plastik dengan amonia dan tinggalkan di manapun lokasi yang memungkinkan tikus masuk ke rumah kamu, seperti di dapur atau di bawah wastafel. Saat melakukan cara mengusir tikus dari rumah tanpa racun ini, pastikan untuk meletakkannya di luar jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak.

6. Memakai Perangkap Tikus
Memakai perangkap tikus yang berbentuk kotak bisa jadi cara mengusir tikus tanpa racun. Tikus bisa masuk tapi tidak bisa keluar. Ini bisa menjadi cara yang manusiawi untuk menangkap tikus, karena hewan itu tidak akan mati. Tetapi begitu kamu menangkapnya, kamu harus melepaskannya di area yang letaknya sangat jauh dari rumah, karena kalau tidak ada kemungkinan tikus itu balik lagi. Pastikan untuk memeriksa perangkap setidaknya sekali sehari karena tikus akan mati jika dibiarkan di dalamnya lebih dari satu atau dua hari.

7. Pasang Bunyi Bip
Ada sebuah perangkat elektronik yang bisa mengeluarkan suara bip yang tidak disukai tikus. Efek bunyi tersebut bisa hilang seiring waktu, tetapi awalnya itu dapat menjauhkan tikus dari rumah kamu. Suara ini tidak berbahaya bagi anjing dan kucing. Alat ini dapat dibeli di toko perangkat keras. – Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com