7 Makanan Pembentuk Otot – Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa Futures – Ingin tubuh berotot? Makanan pembentuk otot ini bisa jadi pilihan asupan sehari-hari. Ada telur hingga dada ayam yang populer.
Memiliki perut, lengan, atau paha berotot jadi idaman banyak orang. Adanya otot membuat tubuh terlihat lebih berisi dan atletis. Untuk mendapatkannya, secara khusus orang-orang jalani latihan fisik yang bisa membentuk otot.

Faktanya latihan fisik saja tak cukup. Mereka yang ingin membentuk otot harus mengonsumsi makanan yang tepat. Pilihlah makanan tinggi protein dan kalori. Tapi usahakan pilih sumber protein yang rendah lemak, nutrisinya lengkap, dan mudah diserap tubuh. Selain itu, imbangi dengan konsumsi lemak dan karbohidrat sehat untuk dijadikan sumber energi.

Healthline (11/8) merangkum 7 sumber makanan pembentuk otot yang bisa kamu coba. Mengonsumsinya secara rutin juga disarankan karena makanan ini mengandung segudang nutrisi yang baik untuk tubuh.

1. Telur

Makanan pembentuk otot yang populer adalah telur. Biasanya binaragawan mengonsumsi puluhan telur setiap hari. Ini karena telur mengandung protein kualitas tinggi, lemak sehat, dan nutrisi penting lain seperti vitamin B dan kolin.

Protein sendiri terbuat dari asam amino, dan telur mengandung asam amino leusin dalam jumlah banyak. Secara khusus asam amino ini bisa membentuk otot. Sementara vitamin B berperan penting untuk produksi energi tubuh.

2. Salmon
Jadi primadona makanan sehat, salmon juga bagus dikonsumsi kamu yang mau punya tubuh berotot. Tiap 85 gram salmon mengandung sekitar 17 gram protein, hampir 2 gram asam lemak omega 3, dan beberapa vitamin B penting.

Asam lemak omega 3 berperan penting untuk menjaga kesehatan otot. Sekaligus bisa meningkatkan massa otot selama latihan fisik.

3. Dada ayam
Saat melihat pola makan atlet atau binaragawan, pasti kamu sering mendapati adanya dada ayam. Sumber protein ini sangat diandalkan untuk membentuk otot.

Tiap 85 gram dada ayam mengandung sekitar 26 gram proten kualitas tinggi. Kandungan lainnya ada vitamin B niacin dan B6 yang dibutuhkan orang-orang dengan aktivitas fisik tinggi. Jenis vitamin ini bisa mengoptimalkan pembentukan otot.

4. Greek Yogurt

Tak melulu makanan gurih, makanan pembentuk otot juga termasuk yogurt. Pilihlah jenis Greek yogurt dengan kandungan alami dan tanpa pemanis buatan.

Yogurt tinggi kandungan protein dan merupakan kombinasi dua jenis protein yaitu whey yang cepat dicerna dan casein yang lambat dicerna tubuh. Penelitian membuktikan kombinasi protein whey dan casein bisa membuat otot seseorang lebih terbentuk.

5. Tuna
Selain salmon, coba juga rutin konsumsi tuna untuk pembentukan otot. Tiap 85 gram tuna mengandung setidaknya 20 gram protein. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan beberapa vitamin B seperti B12, niacin, dan B6.

Ada juga kandungan asam lemak omega 3 yang bisa mendukung kesehatan otot. Bagi orang dewasa, penting menambah asupan omega 3 karena fungsinya bisa memperlambat hilangnya massa dan kekuatan otot yang terjadi seiring bertambahnya usia.

6. Daging sapi rendah lemak
Daging sapi juga menjadi sumber protein populer dengan tambahan vitamin B dan mineral. Beberapa penelitian mengungkap konsumsi daging sapi rendah lemak bisa meningkatkan massa otot saat ditambah latihan beban.

Pilihlah yang jenis rendah lemak agar tak mengasup kalori ekstra. Biasanya daging sapi ini dijual dengan keterangan khusus dan jadi incaran para pelaku hidup sehat.

7. Edamame

Di balik rasanya yang enak dan teksturnya yang empuk, edamame juga bermanfaat sebagai makanan pembentuk otot. Satu cup atau sekitar 155 gram edamame beku mengandung sekitar 17 gram protein dan 8 gram serat.

Kandungan lainnya adalah folat, vitamin K, dan mangan. Folat penting untuk mengoptimalkan massa dan kekuatan otot, terutama untuk orang tua. Selain edamame, kacang tanah juga bisa jadi pilihan camilan pembentuk otot. – Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com