9 Manfaat lain dari Telur – Kontak Perkasa Futures

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Telur merupakan salah satu makanan yang paling digemari di Indonesia. Hampir setiap rumah pasti memiliki persediaan telur di dalam dapur mereka. Telur memang bahan makanan yang sederhana, mudah dijumpai dimana saja, dan dapat diolah menjadi banyak jenis makanan lezat. Tapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa manfaat rahasia telur selain jadi olahan makanan yang jarang diketahui orang banyak.

1.Melukis Sebuah Karya

Sebelum adanya cat minyak sebagai media melukis, telur ayam diolah dan digunakan untuk membuat sebuah karya lukisan.

2.Merawat Rambut

Tinggalkan rangkaian perawatan rambut yang mahal! Anda dapat membuat perawatan rambut sendiri di rumah. Telur dikenal kaya akan protein. Caranya sederhana saja, pecahkan satu butir telur dan masukkan ke dalam mangkuk, kocok dan lumuri pada rambut Anda. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin dan lanjutkan menggunakan sampo.

3.Membersihkan Sepatu

Ternyata telur juga berkhasiat untuk membersihkan sepatu Anda, lho! Anda hanya perlu memisahkan kuning telur dan putih telur yang masih mentah, lalu ambillah sebuah spons dan celupkan pada putih telur, lalu usapkan spons tersebut pada kulit sepatu Anda hingga bersih dan tidak ada putih telur yang tersisa.

4.Meningkatkan Cita Rasa Kopi

Kopi secara alami bersifat asam, sedangkan telur bersifat basa. Dengan mencampurkan telur dan kopi, Anda dapat mengurangi keasaman dalam kopi. Anda dapat menjadikannya sebagai menu sarapan yang menyenangkan.

5.Memperbaiki Radiator yang Bocor

Hal ini memang tidak lazim dilakukan, tetapi jika Anda memang benar-benar dalam keadaan darurat, Anda dapat mencobanya. Jika radiator mobil Anda bocor, Anda dapat menuangkan putih telur ke dalam radiator. Jika Anda melakukannya dengan benar, dan masih memiliki cukup air dalam sistem, maka telur dapat membantu Anda dalam situasi ini. Ketika air memanas, putih telur akan matang dan dapat menutup lubang radiator tersebut.

6.Mengobati Luka Teriris

Pisau tajam sering dapat menjadi penyebab luka ringan yang merepotkan bagi jari Anda. Coba gunakan telur untuk membantu menyembuhkan luka Anda. Buka telur yang sudah direbus, dan ambil selaput tipisnya untuk digunakan sebagai perban tipis bagi luka Anda dan luka irisan pun akan lebih cepat sembuh.

7.Masker Wajah

Jika Anda memiliki masalah jerawat, salah satu solusi alternatif alami adalah masker putih telur. Berkat kolagen dan protein yang ditemukan dalam putih telur, dapat mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat. Cara membuat masker ini pun sederhana. Anda hanya perlu mengocok putih telur dan kemudian mengaplikasikannya pada wajah Anda selama 15-20 menit sampai kering. Lalu, cuci dengan air hangat. Putih telur juga dapat menarik minyak dari pori-pori dan mengencangkan kulit Anda.

8.Pupuk Tanaman

Apakah Anda tahu bahwa kulit telur yang sudah hancur ternyata bisa digunakan sebagai pupuk tanaman? Anda dapat meletakkan kulit telur yang telah hancur di sekitar permukaan tanaman Anda, ini akan membantu menyediakan banyak kalsium untuk tanaman Anda. Sehingga tanaman akan lebih subur. Untuk mempersiapkan kulit telur, pastikan Anda mencucinya bersih dan kemudian menghancurkannya.

9.Lem Alami

Putih telur adalah pengganti yang baik jika Anda kehabisan lem. Mereka memiliki sifat perekat yang baik. Caranya, cukup mengambilnya dengan kuas cat dan menerapkan putih telur ke permukaan yang ditunjuk untuk menempel. Karena putih telur tidak beracun jadi aman digunakan oleh anak-anak – KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : lifestyle.liputan6