Air Soda Tarutung – Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa Futures – Pemandian air panas? Pemandian air terjun? Mungkin sering sekali kita mendengarnya, bagaimana jika pemandian air soda? Bagi sebagian orang, khususnya suku batak tentu tidak asing mendengar namanya, tapi bagaimana dengan yang lainnya? Mungkin pernah dengar, mungkin juga baru sekarang dengar. Ya, memang akan sangat jarang bagi masyarakat luas mendengar tentang pemandian air soda ini, mau tau karena apa? Karena di dunia, hanya terdapat 2 lokasi mata air yang menghasilkan air soda sehingga menjadi pemandian air soda yaitu di Venezuela dan di Indonesia! Tepatnya adalah di desa Parbubu, Tapanuli Utara yang hanya berjarak 1 km dari pusat kota Tarutung.

Bagi warga sekitar, tempat ini sering disebut Aek Rara, aek adalah air, rara adalah merah. Bagi kalian yang penasaran, jika berlibur ke Tapanuli Utara wajib untuk singgah di tempat ini. Udara di tempat ini masih segar, berendam di tempat ini sambil menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa indah pasti tentunya akan membuat kepuasan tersendiri, sangat cocok jika kalian adalah pecinta kealamian. Dan perlu kalian tahu, masuk ke pemandian air soda ini tidak bayar, namun sebagai pengganti bayaran, para pengunjung paling tidak belilah makanan-makanan dan snack yang dijual di tempat ini. Merupakan salah satu objek wisata yang tidak memerlukan biaya yang mahal untuk menikmatinya, paling tidak seperti itulah yang tergambar ketika pertama kali penulis ke tempat ini.

Pemandian air soda ini dikelola tanpa campur tangan pemerintah, pengelolanya adalah Minar Sihite (Op. Ridoi Tobing/ br Sihite). Ramah dan murah senyum menjadi ciri khas warga setempat, selain penulis banyak juga wisatawan asing yang berlibur ke tempat ini. Setelah mencoba berendam, melepas lelah dan melihat pemandangan sekitar, disitu penulis merasa sedih. Karena, objek wisata ini adalah objek wisata yang sangat langka, mungkin bisa di bilang menjadi satu-satunya objek wisata pemandian air soda di dunia, karena air soda yang di Venezuela tidak lagi difungsikan sebagai pemandian dan tempat wisata. Melihat begitu besarnya potensi yang dimiliki tempat ini, dibanding dengan taraf hidup masyarakat sekitar yang masih di bilang minim, harusnya objek wisata pemandian air soda Tarutung ini bisa dikelola dengan lebih baik lagi, mulai dari sarana parkir, WC umum, infrastruktur hingga pemasarannya ke skala nasional.

Kembali lagi kepada pertanyaan penulis di atas, siapa yang tau tentang pemandian air soda ini? Sangat jarang, karena pemasarannya belum jalan. Jika benar-benar di kelola, mungkin objek wisata ini secara infrastruktur akan jauh lebih baik lagi dan memberikan keuntungan yang besar juga bagi pemilik yang telah bertahun-tahun merawatnya menjadi suatu warisan berharga bangsa Indonesia, taraf kehidupan masyarakat sekitar pun pasti akan lebih membaik, dengan banyaknya wisatawan-wisatawan lokal maupun internasional untuk menghabiskan uangnya di tempat ini.

Namun, mengucapkan jauh lebih mudah dari pada melakukan, mengembangkan objek wisata yang telah dikelola bertahun-tahun oleh suatu keluarga sangatlah tidak mudah, mungkin saja ada pemikiran-pemikiran bahwa nantinya objek wisata ini akan di klaim milik pemerintah daerah setempat jika diberikan ijin untuk melakukan pengembangan. Ya apapun keputusannya, penulis hanya berharap bahwa objek wisata ini bisa dikelola dengan baik dan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya, kota Tarutung bisa menjadi suatu kota yang mulai dilirik oleh investor-investor dan wisatawan untuk menanamkan uangnya di kota ini demi kemajuan kota Tarutung, karena sangat besar potensi kemajuannya jika dikelola dengan baik dan pada akhirnya yang dapat penulis kontribusikan untuk kemajuan objek wisata pemandian air soda di Tarutung sebagai ucapan terima kasih atas jamuan wisatanya beberapa tahun lalu adalah dengan menuliskan tulisan ini – Kontak Perkasa Futures

Sumber:seword