CARA SEDERHANA MERAWAT MOTOR – KONTAK PERKASA FUTURES

KONTAK PERKASA FUTURES – Merawat motor merupakan salah satu hal penting yang harus selalu dilakukan oleh sang pemiliknya. Merawat motor dengan baik juga membuat motor bisa berumur lebih panjang.

Merawat motor tidak hanya bisa membuat kita terhindar dari kerusakan parah yang menguras kantong namun juga meningkatkan harga jual kembali motor. Sebenarnya merawat motor itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Berikut dikutip dari Budget Insurance, beberapa tips merawat motor agar tetap sehat dan panjang umur.

Rajin mengganti oli menjadi salah satu cara merawat motor agar berumur lebih panjang. Ganti oli rutin disesuaikan dengan model motornya. Kalau motor cukup sering digunakan, tak ada salahnya juga Otolovers rajin mengganti olinya.

Kampas rem juga harus dicek. Kalau ketebalannya tidak sampai 2mm itu tanda kalau kampas rem harus segera diganti.

Membawa motor juga tidak perlu terus-terusan digeber. Kendarai motor secara bijaksana, tak perlu kebut-kebutan dengan begitu selain hemat BBM, komponen dalam motor lain juga tak mudah rusak.

Cek tekanan ban sebelum melakukan aktivitas untuk memastikan tidak ada lubang, sobek, atau hal lain yang membahayakan saat kita berkendara. Harus diingat, tekanan ban juga dipengaruhi oleh suhu dan kondisi jalan. Dengan mengecek secara rutin, membuat motor bisa lebih awet.

Kalau motornya masih manual, rantai-rantai pada motor juga harus rajin dicek. Perawatan rantai motor ini bisa dilakukan dengan menambahkan pelumas pada rantai. Menambahkan pelumas pada rantai motor bisa dilakukan saat motor masih dalam kondisi panas usai dikendarai agar rantai bisa menyerapnya seiring mesin mendingin.

Busi motor juga salah satu komponen yang harus dicek. Kalau kondisinya kotor atau sudah korosi kita harus menggantinya dengan segera.

Seperti halnya mobil, filter udara pada motor juga harus rajin dibersihkan. Apabila kondisinya kotor, tidak terkena pelumas dengan baik kotoran seperti debu pasit bisa masuk ke dalam mesin. Filter udara sebaiknya diganti secara teratur.

Terakhir, cek aki motor dengan rutin. Aki motor bisa dicek setidaknya satu bulan sekali. Mengecek aki satu bulan sekali bisa membuat kita mengetahui kondisi aki apakah ada kebocoran atau tidak. Terminal aki juga harus bersih untuk mencegah dari korosi – KONTAK PERKASA FUTURES