5 Hal Jokowi Untuk Raja Salman – Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa Futures Yogyakarta – Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud menjadi kedatangan paling bersejarah bagi kedua negara. Berbagai persiapan tak biasa dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyambut Raja Arab Saudi itu.

Hal tak biasa juga dilakukan Presiden Jokowi selama Raja Salman berada di Jakarta. Berikut beberapa hal unik yang dilakukan Jokowi bersama Raja Salman.

1. Jemput di Tangga Pesawat

Presiden Jokowi secara khusus menjemput Raja Salman dari depan tangga pesawat. Jokowi menjadi orang pertama yang bersalaman dengan Raja Salman.

Penyambutan istimewa ini bukan tanpa alasan. Hal ini dilakukan sebagai sambutan balasan karena Jokowi mendapat sambutan serupa saat berkunjung ke Arab Saudi 2015 lalu.

2. Payungi Raja

Hujan deras menyambut kedatangan Raja Salman di Istana Bogor. Beberapa agenda mengalami perubahan karena hujan tak kunjung reda.

Kegiatan keliling Istana Bogor terpaksa diubah menggunakan mobil keperesidenan yang semula menggunakan golf car. Raja Salman diajak keliling hingga ke teras belakang Istana.

Paspampres baik dari Indonesia maupun Arab Saudi sibuk mencarikan payung untuk Jokowi dan Raja Salman. Keduanya masih harus berjalan kaki dari mobil ke beranda belakang Istana.

Jokowi memegang sendiri payung hitam yang disediakan, berjalan dari pintu kanan mobil menghampiri Raja Salman. Jokowi pun memayungi Raja ke-7 Arab Saudi itu diikuti Paspampres.

Payung itu seakan tak cukup untuk menghindari hujan yang begitu lebat. Sampai di beranda Istana, peci dan jas hitam Jokowi tampak basah, begitu pula dengan Raja Salman. Sang Raja bahkan mengganti pakaian dari nuansa emas menjadi hitam.

3. Genggam Erat Raja

Jokowi beberapa kali tertangkap kamera sedang menggenggam erat tangan Raja Salman. Tak hanya untuk membantu pria 81 tahun itu berjalan, genggaman tangan erat itu diyakini sebagai simbol persahabatan erat kedua negara.

Hal serupa juga dilakukan saat Presiden pertama Indonesia Sukarno menyambut kedatangan Raja Saud bin Abdulaziz al Saud di Indonesia 1955 silam. Keduanya tampak saling menggenggam erat tangan.

4. Membuat Vlog

Membuat video blog atau vlog belakangan ini menjadi kegiatan yang kerap dilakukan Jokowi. Kini, yang menjadi objeknya vlognya adalah Raja Salman.

Vlog itu dibuat Jokowi saat Raja Salman makan siang di Istana Bogor. Raja Salman yang sedang asyik santap siang tiba-tiba ‘ditodong’ berbicara di vlog dan menyapa masyarakat Indonesia.

Video ini langsung menjadi viral di dunia maya ketika diunggah Jokowi. Video ini diunggah di semua akun sosial media Jokowi baik Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube Channel.

5. Angkat Pohon

Proses penanaman pohon oleh Raja Salman tertunda karena hujan deras. Penanaman pohon yang seharusnya dilaksanakan di Istana Bogor dipindah ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

Ketika akan melakukan penanaman pohon, Jokowi tiba-tiba jongkok yang mengangkat sendiri pohon Kayu Besi ke dalam lubang penanaman. Melihat hal itu, ajudan kemudian membantu.

Usai penanaman pohon, Jokowi menyiram sendiri pohon Kayu Jati yang baru ditanam. Jokowi menyebut, Kayu paling kuat asal Kalimantan itu menunjukkan hubungan Indonesia dan Arab Saudi yang juga semakin kuat – Kontak Perkasa Futures