Tubuh Terasa Lelah Saat Bangun Tidur – Kontak Perkasa Futures

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Tidur bisa jadi waktu untuk mengisi ulang energi. Sehingga saat bangun esok harinya, diharapkan tubuh dalam kondisi segar dan lebih berenergi. Sayangnya, beberapa orang tak merasakan hal itu.

Setelah bangun tidur, tubuh justru terasa lelah dan tidak bersemangat. Jika itu yang anda rasakan, bisa jadi 5 hal inilah penyebabnya. Apa saja ?

1. Tidak ada cahaya matahari masuk ke kamar tidur

Dikutip dari Prevention, menghalangi cahaya lampu jalan masuk ke kamar tidur memang membuat anda lebih mudah terlelap. Tapi ingat, usahakan di pagi hari, ada celah bagi sinar matahari menyelinap ke kamar anda.

Ketika sinar matahari tidak masuk ke kamar, ritme sirkadian tubuh tidak akan tahu bahwa sudah waktunya untuk bangun. Maka dari itu, ada baiknya gunakan tirai yang bisa menghalangi sinar lampu di matahari tapi menyediakan celah bagi sinar matahari masuk di pagi hari.

2. Tidur terlalu telat

Idealnya, seseorang butuh waktu tidur minimal tujuh jam. Sehingga, ketika anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, tak heran jika saat bangun tidur tubuh justru terasa lelah dan anda gelisah.

Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat nafsu makan meningkat dan melemahkan imunitas lho. Untuk itu, sebisa mungkin hindari begadang atau tidur terlalu larut.

3. Tidur dalam keadaan stres atau khawatir

Pergi ke tempat tidur dengan pikiran stres dan khawatir membuat anda tidak bisa mendapatkan kualitas tidur malam yang baik. Jika memang ada pikiran yang mengganjal, sebelum tidur coba redakan cemas yang dialami.

Misalnya, lakukan gerakan yoga sederhana, berbagi dengan pasangan, keluarga, atau teman soal masalah anda, atau mungkin tuangkan apa yang anda khawatirkan dalam buku catatan.

4. Bolak-balik pencet tombol ‘snooze’

Beberapa orang sengaja menyetel alarm lebih awal dari rencana waktu ia bangun. Dengan kata lain, ada kesempatan untuk berkali – kali menekan tombol ‘snooze’.

Justru, kebiasaan seperti itulah yang membuat tidur di sela – sela waktu snooze jadi tidak berkualitas. Akan lebih baik jika anda berkomitmen pada diri sendiri dan setel alarm tepat di jam saat anda memang ingin bangun tidur.

5. Terlalu banyak mengonsumi kafein

Ngopi di sore hari bisa jadi hal yang mengasyikkan. Tapi ingat, itu juga bisa menghalangi anda untuk memejamkan mata di malam harinya.

Akibatnya, waktu tidur yang didapat sedikit dan esok harinya, tubuh terasa lelah dan tidak bersemangat – KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : health.detik