Panduan Pola Makan untuk Atasi Virus Corona – Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa Futures – Pandemi virus Corona kini masih berlangsung. Ahli gizi menyarankan konsumsi makanan yang tepat untuk memperkuat daya tahan tubuh.
Virus Corona menyerang saluran pernapasan dan dapat menular melalui cairan (droplet). Virus Corona memiliki penyebaran yang sangat masif dan cepat. Hampir seluruh negara di dunia terjangkit virus serupa.

Untuk digaris bawahi, tidak ada makanan yang benar-benar bisa menyembuhkan virus ini dengan sangat cepat. Tetapi ada beberapa makanan yang direkomendasikan oleh ahli gizi untuk meredakan gejala-gejala yang timbul akibat infeksi virus Corona.

Kunci utama dalam melawan virus Corona adalah mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, asupan cairan, dan memperkuat imunitas tubuh. Beberapa hal tersebut bisa didapatkan melalui konsumsi makanan yang tepat.

Berikut panduan pola makan untuk atasi virus Corona menurut ahli gizi :

Hidrasi Tubuh
Banyak minum air putih sangat disarankan ketika sakit karena bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang, termasuk saat demam ataupun diare. Selain itu minum air putih bantu menghidrasi tubuh yang pada akhirnya bisa membuat semua organ berfungsi maksimal.

Selain air putih, hidrasi tubuh juga bisa melalui konsumsi teh plus madu, air kaldu, jus, dan minuman elektrolit. Teh plus madu, misalnya, berguna untuk meredakan batuk yang kerap dialami di masa pandemi Covid-19.

Pentingnya Nutrisi dan Kalori
Ada zat gizi tertentu termasuk protein, vitamin A, C, D dan E dan zinc yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain dari suplemen, zat gizi tersebut bisa didapatkan secara alami melalui makanan.

Salah satu menu yang bisa kamu coba adalah smoothies buah dengan yogurt atau selai kacang. Lalu ada juga sup ayam yang bisa meredakan infeksi pernafasan dan jahe yang bantu kurangi rasa mual.

Pastikan penuhi kebutuhan kalori harian dengan ragam asupan makanan sehat. Dengan begini, kondisi tubuh menjadi lebih fit dan bisa mencegah atau mengatasi virus Corona.

Makanan yang Harus Dibatasi
Minuman alkohol akan menimbulkan dehidrasi dan dapat menghambat sistem kekebalan tubuh. Jadi jika mulai merasa sakit, sebisa mungkin hindari minuman keras dan ganti dengan sesuatu yang menghidrasi.

Jika memiliki gejala gangguan pencernaan, perlu membatasi makanan yang sulit dicerna seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Bahan-bahan makanan tersebut membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna dan mungkin mengganggu perut dan saluran pencernaan. Ganti bahan makanan tersebut dengan makanan yang lebih mudah dicerna.

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan
Untuk berjaga-jaga dengan gejala-gejala penyakit yang mulai dirasakan, ada juga beberapa makanan yang bisa disimpan dan hanya tinggal dihangatkan untuk dinikmati saat tubuh terasa mulai melemah.

Salah satu makanan yang bisa disiapkan sebelumnya adalah sup. Sup bisa disimpan dengan cara dibekukan dan dipanaskan jika ingin dikonsumsi.

Tetapi, hal yang terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit dan menjaga agar tubuh tetap fit adalah dengan tetap mengikuti anjuran dari petugas medis dan protokol kesehatan yang berlaku. Menjaga jarak, memakai masker dan rutin mencuci tangan agar menjaga tubuh tetap higienis dan meminimalisir penularan virus melalui sentuhan. – Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com