Windows 11 Mulai Tersedia 5 Oktober – Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa Futures – Setelah diperkenalkan Juni lalu dan merilis versi beta untuk pengguna Windows Insider Program, Microsoft akhirnya mengumumkan kapan sistem operasinya bisa dicicipi pengguna seluruh dunia. Catat! Windows 11 akan tersedia mulai 5 Oktober mendatang.
Kepastian tersebut diumumkan langsung Microsoft di blog resminya. Hanya saja update akan dilakukan secara bertahap.

“Mengikuti pembelajaran yang luar biasa dari Windows 10, kami ingin memastikan bahwa kami memberikan Anda pengalaman terbaik,” jelas Aaron Woodman , General Manager of Windows Marketing Microsoft. “Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022.”

Seperti telah disampaikan sebelumnya, ini adalah update gratis bagi pengguna Windows 10 yang memenuhi syarat. Microsoft akan mengirimkan notifikasi bilamana telah tersedia.

Namun kamu bisa juga memeriksa sendiri apakah update Windows 11 sudah tersedia atau belum. Caranya dengan masuk ke Settings > Windows Update > pilih Check for Updates.

Persyaratan Sistem Windows 11
Beberapa bulan yang lalu, Microsoft mengungkapkan beberapa persyaratan utama untuk menjalankan Windows 11 di PC. Namun belum lama ini mereka mengumumkan perubahan tambahan pada kelayakan PC-nya.

Microsoft mengatakan bahwa sebagian besar prosesor Intel 7th Gen dan AMD Zen 1 tidak memenuhi syarat untuk peningkatan. Tetapi tidak akan memblokir instalasi manual menggunakan ISO.

Spesifikasi Minimum PC untuk install Windows 11

Komponen    :    Minimium
Prosesor    :    Prosesor 64-bit yang kompatibel (x86-64 atau ARM64) dengan kecepatan clock minimal 1 GHz dan minimal 2 core
RAM    :    Minimal 4 GB
Memori internal    :    Setidaknya 64 GB
Sistem Firmware    :    UEFI
Keamanan    :
Secure Boot, enabled by default

Trusted Platform Module (TPM) version 2.0

Kartu grafis    :    Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
Display    :    Layar dengan resolusi HD (720p) dengan ukuran minimum 9 inch dan satuan warna 8 bit
Koneksi internet dan akun Microsoft    :    Koneksi internet dan akun Microsoft diperlukan untuk menyelesaikan pengaturan pertama kali di Windows 11 Home.

Fitur Baru Windows 11
Kami merangkum 10 fitur baru Windows 11 yang segera bisa dicicipi begitu resmi dirilis akhir November nanti.

Widget
Microsoft memberikan Widget yang dapat diakses ketika kursor di arahkan ke kiri layar. Isinya berbagai informasi penting untuk pengguna, mulai dari cuaca, kalender, saham hingga berita.

Kata raksasa teknologi asal Redmond, Widget ini dibekali AI dan dimungkinkan pengguna melakukan personalisasi. Selain itu tampilannya bisa dibuat lebih full screen hanya dengan menariknya.

Teams
Microsoft mengintegrasikan Teams ke Windows 11. Memudahkan pengguna lebih terhubung dan berbagi file hanya dengan sekali klik di taskbar. Tapi pertanyaannya bagaimana nasib Skype, akankah dipensiunkan seperti MSN Messenger?

Snap Layouts
Microsoft sepertinya menyadari bahwa sebagian besar penggunanya selalu membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, karenanya dihadirkan Snap Layouts. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengatur beberapa jendela di layar dengan lebih mudah.

Jadi tidak perlu menyandingkan secara manual lagi. Hanya tinggal sekali klik saja, aplikasi langsung tersusun sesuai pola yang dipilih.

Desktops
Multitasking menjadi fokus utama dari Windows 11. Karena itu Microsoft memberikan cara yang lebih andal untuk melakukan banyak tugas dan tetap mengetahui apa yang perlu selesaikan dengan fitur Desktop.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengelompokkan tugas dalam beberapa desktop. Jadi pengguna bisa memiliki Desktops untuk bekerja, bermain game, atau sekolah. Berpindah antar Desktops dapat dilakukan dengan mudah.

Bagi mereka yang menggunakan monitor kedua, ketika melepaskan layar tersebut, Windows 11 akan me-minimize tampilan monitor. Sebelumnya semua yang yang dibuka di monitor kedua langsung kembali ke layar utama.

Begitu mencolokkan kembali ke monitor kedua, apa yang di-minimize kembali seperti sebelumnya. Ini adalah tambahan yang sangat berguna bagi siapa pun yang menggunakan layar kedua.

Adaptive Screen
Mendukung perangkat hybrid, Windows 11 menyediakan layar adaptif yang dapat diputar untuk penggunaan potret.

Pen, Gesture, dan Voice Control
Windows 11 dirancang untuk fleksibel dengan bagaimana pengguna ingin memasukkan informasi ketika tidak ingin menggunakan keyboard atau mouse. Sistem operasi ini dirancang untuk penggunaan pena stylus dan memiliki feedback haptic baru.

Microsoft memberikan gesture control, baik menggunakan pena atau jari pada layar sentuh. Diberikan keyboard virtual layaknya smartphone, lengkap dengan gerakan swipe, kontrol kursor dengan menekan spasi, dan emoji. Pengguna dapat menggunakan input suara untuk mendikte teks dengan tanda baca otomatis.

Gaming
Microsoft menggunakan pengalamannya dalam membesut Xbox untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih kuat dengan Windows 11. Game yang dibuat di platform Direct X 11 (atau lebih tinggi) akan diberikan dukungan Auto HDR, sama seperti yang digunakan di Xbox.

Fungsi warisan Xbox lainnya adalah DirectStorage, memungkinkan aset dimuat ke kartu grafis untuk sangat mengurangi waktu load. Tapi diperlukan hard drive dan driver yang tepat untuk memanfaatkannya.

Xbox Game Pass
Xbox Game Pass memberi pengguna Windows 11 akses ke sejumlah besar game PC serta game Xbox Cloud. Aplikasi ini terintegrasi langsung dalam platform membuat akses menjadi lebih mudah. Pengguna dapat memanfaatkan kemampuan cross play dan cross save untuk beralih antara konsol ataupun PC, dan membeli game langsung dari aplikasi Xbox.

Windows Store
Windows Store dirombak tampilannya, membuat lebih cepat dan mudah untuk menemukan aplikasi baru. Toko aplikasi ini juga menyediakan game dan film untuk diunduh.

Aplikasi Android
Windows 11 menyediakan dukungan untuk aplikasi Android. Microsoft membuatnya terintegrasi ke dalam platform dan dapat digunakan bersama program Windows lainnya. Aplikasi Android dapat diunduh lewat Microsoft Store datu toko aplikasi Amazon.

Kendati diluncurkan pada 5 Oktober, dukungan aplikasi Android belum tersedia. Namun preview aplikasi Android di Windows 11 akan tersedia untuk Windows Insiders dalam beberapa bulan mendatang. – Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com