Kontak Perkasa Futures  –  Yen Jepang Tak Mampu Menahan USD

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA  –   Jumat (09/12) Yen Jepang  awal  sesi Asia masih belum mampu melaju kuat setelah mendapat tekanan jual cukup besar pada perdagangan sebelumnya pasca pengumuman kelanjutan tapering ECB pada sesi Amerika semalam. Meskipun terdapat sentimen positif di awal perdagangan dari data BSI manufacturing index yang naik signifikan, yen sedang tertekan oleh sentimen kenaikan Fed rate yang mengangkat pair USDJPY hingga sesi malam.

Yen, yang biasanya bergerak berlawanan dengan saham Jepang, turun lagi 0,2% menjadi 114,31 per USD menyusul 0,2% penurunan pada sesi terakhir, untuk minggu ini sudah melemah 0,7 persen, yang ditetapkan menjadi kerugian mingguan terpanjang dalam dua tahun.

Euro stabil di $ 1,0616 menyusul penurunan 1,3%, yang terhapus lonjakan awal sebanyak 1,1% di hari Kamis menyusul pernyataan ECB. Won kehilangan 0,5%, menghentikan reli tiga hari. Won alami penurunan mingguan terbesar dalam 2 bulan karena USD menguat.

Data ekonomi Asia yang ditunggu hari ini adalah China untuk data informasi tentang harga konsumen dan produsen serta investasi asing langsung di Tiongkok, Thailand akan memperbaharui data cadangan devisa, Malaysia akan mengeluarkan data hasil industri dan Filipina akan melaporkan data perdagangan. Berdasarkan dari data Bloomberg, greenback terhadap 10 mata uang utama, naik tipis 0,1% setelah naik 0,5%.  –  KONTAK PERKASA FUTURES