KONTAK PERKASA FUTURES –¬†Investasi merupakan suatu hal yang cukup rumit dan perlu dipelajari jika ingin terjun ke dalamnya. Salah satu hal dari investasi yang peling menarik adalah pasar modal. Kegiatan dalam pasar ini berupa jual beli saham yang biasanya diindikasikan dengan indeks saham. Dalam pasar ini pun dikenal pula yang namanya LQ45. Apa itu LQ45 dan siapa saja yang terlibat di dalamnya? Berikut ini penjelasan mengenai LQ45.

 

Gambaran umum

Pasar modal erat kaitannya dengan LQ45. LQ45 merupakan suatu wadah yang di dalamnya berisi perusahaan-perusahaan atau lembaga yang sahamnya sudah memenuhi kriteria dan likuiditas pasar yang tinggi. Untuk masuk ke dalam LQ45 ini pun diperlukan kriteria tertentu. Berikut adalah beberapa kriteria yang harus anda penuhi jika ingin masuk ke lingkaran eksklusif LQ45.

  • Nilai rata-rata transaksi saham dalam 12 bulan terakhir harus masuk dalam rangking 60 besar di pasar saham.
  • Saham perusahaan tersebut juga harus masuk dalam rangking atas berdasarkan kapitalisasi pasar. Hal ini dihitung berdasarkan rata-rata kapitalisasi pasar dalam 12 bulan terakhir.
  • Saham perusahaan tersebut termasuk dalam bursa efek Indonesia selama 3 bulan.
  • Pertumbuhan perusahaan, keadaan keuangan perusahaan dan frekuensi serta jumlah hari dalam perdagangan transaksi di pasar haruslah baik.

Apabila suatu perusahaan sudah menduduki jajaran LQ45, hal tersebut merupakan suatu kehormatan tersendiri karena menunjukkan bahwa pelaku pasar modal sudah mengakui bahwa tingkat kapitalisasi dan likuiditas perusahaan tersebut cukup baik. Meskipun demikian, perusahaan yang sudah termasuk di dalamnya harus tetap mempertahankan likuiditasnya agar tetap bisa bertahan dalam jajaran LQ45 dan tidak tersingkirkan oleh perusahaan yang lain.

 

Cara Kerja LQ45

Cara kerja indeks LQ45 sangatlah sederhana, karena prediksi yang kuat sangat diperlukan bagi para investor. Investor harus bisa memprediksi harga saham untuk besok apakah akan naik atau turun. Jika investor memprediksi harga saham akan naik di pasar modal, maka yang harus dilakukan adalah order beli atau long. Investor tentunya mengharapkan capital gain setelah terjadi kesepakatan antar investor.

Namun ketika investor memprediksi bahwa harga saham akan turun, maka hal yang harus dilakukan adalah order jual atau short. Keesokan harinya, transaksi akan ditutup dengan pembelian. Cara kerja ini hampir sama dengan cara kerja jual beli saham pada umumnya, hanya saja saham pada LQ45 seringkali mengalami kenaikan meskipun tidak terlalu besar.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan indeks saham LQ45 diantaranya adalah tingkat suku bunga SBI di pasar uang Indonesia, tingkat toleransi investor dalam menghadapi resiko, serta saham penggerak indeks. Sedangkan faktor yang dapat menyebabkan naiknya indeks LQ45 adalah penguatan bursa regional dan global, penurunan harga minyak mentah di dunia dan penguatan nilai tukar rupiah.

 

Perusahaan yang terlibat

Perusahaan yang terlibat dalam LQ45 tentunya sudah memnuhi kriteria khusus dan merupakan perusahaan yang sudah memiliki kualidits tinggi. Beberapa perusahaan atau lembaga ternama yang terlibat di dalam pasar modal LQ 45 ini antara lain astra, gudang garam, XL axiata, garuda Indonesia. Indofood, kalbe farma, PP London Sumatera, Unilever ndonesia, Holcim, Telkom. Perusahaan gas Negara, serta beberapa perbankan seperti BNI, BCA, BRI, BTN, mandiri dan masih banyak lagi.

Demikianlah sedikit informasi mengenai pasar modal LQ45 yang sangat terkenal dan cara kerja di dalamnya. Untuk menembus LQ 45 ini memang bukanlah perkaran yang cukup mudah dan perusahaan yang ada di dalamnya memang benar-benar memliki kapitalisasi dan likuiditas yang tinggi.