KONTAK PERKASA FUTURES – Setiap manusia diciptakan unik, berbeda, dan tidak ada yang menyerupai bahkan pada kembar identik sekali pun. Tiap-tiap mereka mempunyai karakter dengan kekuatan dan kelemahan masing-masing yang merupakan anugerah dari yang maha kuasa. Untuk membentuk kerjasama tim  yang solid dan kuat hendaknya tiap-tiap anggota dalam tim mempunyai kesadaran bahwa rekan-rekan kerjanya mempunyai kelemahan yang harus dimaklumi dan kelebihan yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut  ilmu psikologi karakter manusia dibagi menjadi 4 karakter dasar, yaitu sanguinis, koleris, pleghmatis, dan melankolis. Salah satu watak ini akan dominan pada satu orang dengan tambahan watak yang lain yang tidak terlalu dominan. Sanguinis adalah tipe kepribadian ceria dan humoris yang mempunyai bakat alami untuk memotivasi orang lain dan mencerahkan suasana. Koleris adalah tipe pemimpin yang tegas dan mempu membawa timnya untuk meraih kesuksesan. Pleghmatis adalah tipe orang yang damai, rendah hati, dan tidak suka terlibat konflik, sedangkan tipe kepribadian terakhir, yaitu melankolis memiliki ciri khas perfeksionis, sangat memperhitungkan detail, dan mempunyai standar tinggi akan segala hal.

Memahami keunggulan dan kelemahan tiap individu dalam kerjasama tim akan sangat membantu Anda untuk bisa menyesuaikan diri dalam menjalankan peranan Anda dalam tim, apalagi bila Anda adalah seorang pimpinan tim. Setiap tipe mempunyai kekuatan masing-masing dan bila Anda bisa menempatkan mereka di tempat yang sesuai dengan keunggulannya, bukan tidak mungkin kesuksesan tim akan lebih cepat dan mudah dicapai.

  • Sanguinis

Orang yang berkarakter sanguinis mempunyai sifat humoris dan ceria sebagai bakat alami mereka, dan kemampuan memotivasi orang lain untuk mengerjakan tugas-tugas dalam perusahaan atau dimana pun tanpa merasa diperintah atau tertekan di bawah kepemimpinannya. Anda bisa menempatkan orang dengan kualitas ini dalam bidang pekerjaan hubungan masyarakat, karena ia merupakan orang yang menyenangkan dalam berkomunikasi dan mudah menyesuaikan diri dalam kerjasama tim.

  • Koleris

Orang bertipe koleris dilahirkan sebagai pemimpin alami dan sanggup membuat timnya bekerja keras untuk memperoleh hasil yang diharapkan. Mereka adalah seorang pekerja keras, dapat bekerja di bawah tekanan, dan selalu dapat memenuhi target. Anda dapat menempatkan orang dengan karakter ini pada bidang kerja yang dituntut untuk memenuhi deadline atau kesanggupan untuk mengambil keputusan.

  • Pleghmatis

Seorang pleghmatis adalah orang yang rendah hati, tidak suka menonjolkan diri, cenderung menghindari konflik dan lebih suka menjadi orang yang berperan di belakang layar. Mereka mempunyai bakat untuk mengamati sehingga bidang kerja yang cocok bagi para pleghmatis dalam kerjasama tim adalah segala hal yang menyangkut analisa.

  • Melankolis

Tipe kepribadian melankolis adalah orang yang teliti dan perfeksionis dalam mengerjakan apa pun dan sangat memperhatikan detail. Mereka pun mempunyai standar yang tinggi dalam segala hal sehingga sering membuat frustrasi rekan-rekan kerjanya. Bidang yang paling cocok bagi tipe kepribadian ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan keuangan.

Demikianlah berbagai tipe karakter tiap individu berikut segala kelebihan mereka yang jika dimaksimalkan dan bisa bersinergi dengan baik dalam kerjasama tim dapat menjadi kekuatan yang luar biasa dalam usaha untuk meraih kesuksesan bersama yang merupakan visi tim. Kesadaran untuk memahami kualitas dan kelemahan tiap individu hendaknya menjadi milik semua anggota tim dan bukan hanya pimpinan saja. Tetapi pimpinan mempunyai peranan yang besar untuk menempatkan tiap kualitas kepribadian ini pada bidang-bidang kerja yang sesuai agar keberhasilan dalam tim dapat dicapai.