KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA – Mengamati perkembangan pergerakan nilai tukar negara New Zealand yang masuk dalam kurs komoditas pada pasar forex Kamis pagi melesat sangat cepat hingga 2 persen lebih, bahkan telah berhasil mencapai puncak tertinggi sejak perdagangan bulan April 2015 atau 15 bulan. Sentimen yang mengangkat tinggi kurs kiwi dollar ini datang dari keputusan bank sentral New Zealand yang tidak mengubah suku bunganya.

Bank sentral New Zealand (RBNZ) umumkan suku bunga bank sentral tersebut tidak berubah dari posisi suku bunga bulan sebelumnya di posisi 2,25% yang merupakan posisi suku bunga terendah sepanjang sejarah dan ditetapkan pada bulan Maret lalu. RBNZ  beralasan proyeksi inflasi jangka pendek telah berhasil mengangkat harga komoditas sehingga dapat menahan gejolak ekonomi global. Disisi lain harga minyak mentah terus menunjukkan kinerja yang mantap dan lari di atas kisaran  harga US$50 per barel. Kenaikan harga minyak ini paling banyak disebabkan kekhawatiran akan pasokan minyak global yang jauh berkurang, khsusnya pasokan minyak AS yang dilaporkan EIA semalam.

Pergerakan kurs kiwi dollar di sesi Asia  (08:00:35 GMT) cenderung bergerak kuat  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah    pada   0.6998 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  aussie naik 2%  dan nilai bergulir  berada pada 0.7116. Untuk perdagangan selanjutnya hingga   perdagangan sesi Amerika malam ini, analyst SGB Research Center memperkirakan pair NZDUSD dapat naik  ke kisaran  0.7143-0.7201. Namun jika terjadi koreksi akan turun ke kisaran  0.6983 – KONTAKPERKASA FUTURES

Sumber : Bloomberg