KONTAK PERKASA FUTURES – Mayoritas saham Asia menguat dikarenakan indeks Topix Jepang naik pasca yen memperpanjang penurunan dan laba perusahaan mengalahkan perkiraan.

Nissan Motor Co yang mendapat 43% dari pendapatan di Amerika Utara, naik 1,4%. Amorepacific Corp melonjak 9,3% di Seoul setelah produsen kosmetik tersebut melaporkan laba yang lebih tinggi. Bank of China Ltd melonjak 10% di Shanghai setelah sebuah laporan mengenai bank settlement eksklusif untuk saham China daratan diperdagangkan melalui link bursa dengan Hong Kong. Newcrest Mining Ltd, produsen emas terbesar Australia, turun 3,1% karena bullion diperdagangkan mendekati level terendah empat tahun.

Sekitar tiga saham naik untuk setiap dua saham yang jatuh pada Indeks MSCI Asia Pacific yang turun kurang dari 0,1% menjadi 140,79 pada 16:10 sore di Hong Kong. Semenatara itu Indeks Topix naik 1,1% menuju level penutupan tertinggi sejak Juni 2008 karena yen melemah sebanyak 0,9% terhadap dolar. Indeks ekuitas Jepang naik 7,5% sejak 30 Oktober, sehari sebelum BOJ memperluas stimulus dan dana pensiun Jepang yang menyatakan akan meningkatkan kepemilikan saham dalam negeri.