Kontak Perkasa Futures – Pasar modal dan Instrumen Pendukungnya

KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Dalam melakukan transaksi jual beli saham, maka akan sangat penting dalam memperhatikan semua instrumen yang terkait dalam pasar modal.

Ada beberapa instrumen penanaman modal yang perlu dibahas secara mendalam sebagai sumber pengetahuan yang cukup kepada semua masyarakat agar para masyarakat luas juga mengetahui tentang seluk beluk saham dan surat berharga lainnya yang berfungsi sebagai alat transaksi.

Elemen Penting Dalam Pasar Modal

Berikut ini akan dibahas satu persatu tentang instrumen pasar ini serta komponen-komponen yang mempengaruhi kinerjanya.

Saham

Saham sering juga disebut sebagai surat berharga, sebagai tanda kepemilikan suatu usaha yang biasanya berbentuk perseroan terbatas oleh pihak yang membeli sebagian dari hak perusahaan.

Dengan berinvestasi melalui saham, seorang investor tidak otomatis memiliki wewenang atau otoritas di perusahaan di mana ia berinvestasi. Dari saham ini dapat diperoleh beberapa manfaat, antara lain:

  • Para pembeli saham dari perusahaan tertentu akan memperoleh keuntungan dari modal yang ditanamnya. Mereka bisa menikmati laba yang diperoleh perusahaan dengan perhitungan sesuai dengan modal yang ditanamnya atau saham yang dibelinya.
  • Para pembeli saham juga mendapat hak suara dalam rapat-rapat penting perusahaan dan akan dilibatkan dalam semua kegiatan perusahaan yang menyangkut tentang pengembangan bidang usaha.

Saham dalam pasar modalsendiri ada dua macam, yaitu saham biasa dan saham istimewa. Perbedaannya tentu berkaitan tentang besar laba atau pembagian keuntungan yang diperoleh.

Berikut adalah keuntungan atau kelebihan dan juga kekurangan dalam memiliki saham istimewa :

  • Laba yang diperoleh dari saham akan bersifat tetap atau tidak mengalami perubahan sehingga para pembeli sahamnya akan menerima uang dalam jumlah tetap terus menerus.
  • Jangka waktu dalam penerbitan saham akan tidak terbatas atau tidak akan kadaluarsa.

Obligasi

Obligasi dalam pasar modal berarti adalah surat pengakuan hutang yang akan jatuh tempo jika tidak dilakukan pembayaran pada waktu tertentu.

Pendapatan yang diperoleh dari obligasi adalah pada saat pembayaran hutang dengan selisih bunganya. Obligasi sendiri terdiri dua macam yang berbeda, yaitu :

  • Obligasi Atas Tunjuk, ialah obligasi yang dapat diperoleh atau digunakan oleh pemilik surat berharga yang memiliki surat resmi kepemilikan saham.
  • Obligasi Atas Nama, adalah jenis obligasi yang berpatokan kepada sebuah nama yang tercantum pada surat kepemilikan obligasi atau bunga yang akan dibayarkan pada kurun waktu tertentu.

Instrumen Pendukung Lainnya

Selain kedua instrumen pasar modal yang disebutkan di atas, ada tiga komponen pasar modal lainnya yang termasuk instrumen pendukung yang memang tidak sering disebut keberadannya.

Salah satunya adalah opsi yang bisa diintepretasikan sebagai pilihan. Produk ini adalah sebuah surat berharga atau pernyataan tentang seseorang yang mempunyai hak dalam membelidan menjual saham pada angka atau harga tertentu yang sudah disepakati sebelumnya.

Produk tambahan selain opsi adalah waran. Waran adalah sejenis surat berharga yang berisi tentang informasi mendetail tentang hak mejual dan membeli saham yang akan digunakan oleh pembeli atau investor dalam keperluannya memiliki saham pada perusahaan tertentu.

Jadi sudah jelas bahwa ada beberapa produk atau instrumen yang ada dalam pasar modal yang perlu diketahui sebelum menjadi bagian dari transaksi yang akan dilakukan antara pemilik dan pembeli saham.

Dalam menentukan apakah surat yang anda miliki sudah sesuai dengan hak yang seharusnya diterima oleh anda butuh ketelitian dan pengawasan hukum yang cukup tinggi dan kuat dalam perannya menjadi bagian dari tansaksi yang terjadi dalam pasar modal – KONTAK PERKASA FUTURES