Saham Asia menguat, menuju level tertinggi dalam enam bulan terakhir, setelah Federal Reserve mengatakan data menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS telah moderat dan para pejabat mengindikasikan suku bunga akan naik pada laju yang lebih lambat dari perkiraan sebelumnya.
Saham Nintendo Co menguat 36 % selama dua hari terakhir terkait rencana untuk mengembangkan judul game untuk perangkat mobile yang dibuat oleh perusahaan lain. Myer Holdings Ltd mengatakan awal bulan ini tidak ada mengungkapkan tentang babak pertama pendapatannya, turun 10 % seiring pelemahan laba.
Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,8 % ke level 147,11 pukul 05:00 sore di Tokyo, ditutup pada level tertinggi sejak 9 September lalu. Saham AS dan obligasi menguat pada hari Rabu karena The Fed menurunkan estimasi suku bunga sebesar 0,625 % pada akhir 2015 mendatang, dibandingkan perkiraan 1 Desember tahun lalu sebesar 1,125 %.
Indeks Australia S&P/ASX 200 naik 1,9 %, dipimpin oleh saham perbankan. Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,2 % karena data menunjukkan ekonomi pada kuartal terakhir tumbuh dari tahun sebelumnya di laju tercepat sejak 2007 lalu. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,5 %. Indeks Topix Jepang turun 0,4 % pasca mata uang yen menguat pada hari Rabu.
Indeks Shanghai Composite, sampai kemarin naik sebesar 77 % selama 12 bulan terakhir, naik 0,1 %. Indeks Hang Seng Hong Kong naik 1,5 % dan Indeks Hang Seng China Enterprises China yang terdaftar di kota naik sebesar 1,2 %.
Kontrak berjangka E-mini pada Standard & Poor 500 naik 0,2 % setelah indeks acuan mendasari penguatan sebesar 1,2 % pada hari Rabu. (vck)
Sumber: Bloomberg