KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Asia mencatatkan penurunan, dengan indeks acuan wilayah tersebut memperpanjang penurunan dalam delapan pekan terendahnya, karena penurunan dalam minyak menimbulkan kekhawatiran terhadap perekonomian global dan saham Hong Kong memasuki koreksi.

Semua 10 kelompok industri pada indeks MSCI Asia Pacific turun, bersamaan dengan perusahaan-perusahaan energi memimpin penurunan. CNOOC Ltd, perusahaan terbesar eksplorasi minyak mentah lepas pantai China, turun 3,4 % di Hong Kong. Mazda Motor Corp, yang mendapat tiga perempat dari pendapatan di luar Jepang, turun 3,7 % di Tokyo karena mata uang yen memperpanjang kenaikannya kemarin. Sementara Aeon Co, operator supermarket Jepang, melemah 6,4 % pasca Credit Suisse Group AG memangkas rating sahamnya.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,8 % ke level 134,60 pukul 16:38 sore di Hong Kong, sehingga menuju penutupan terendah sejak 17 Oktober lalu. Indeks Hang Seng. Hong Kong mencatatkan penurunan sebesar 1,6 %, sehingga memperpanjang penurunan dari kenaikan tertingginya sebesar 10 persen sejak 3 September lalu. Sementara The Federal Reserve akan memulai pertemuan dalam dua hari ini, bersamaan dengan para  investor akan mengawasi apakah bank sentral akan mendorong kembali batas waktu untuk menaikkan suku bunga.

Minyak memperpanjang penurunan dari level terendah dalam lima tahun terakhir di tengah spekulasi produsen AS lebih lanjut dapat meningkatkan output saat mereka melakukan perang harga dengan OPEC untuk pangsa pasar dan terkait acuan manufaktur China meleset dari perkiraan sebesalumnya. Sementara West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari turun 2,5 % ke level $ 54,51 per barel.