PT Kontak Perkasa  – Tujuan Pemasaran Dalam Bisnis

PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Dalam membangun bisnis, diperlukan perencanaan yang matang dan manajemen yang baik agar bisnis yang dijalankan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Banyaknya bisnis yang gagal karena tidak adanya manejemen yang baik dari pelaku usaha, khususnya dalam mengatur keuangan dan karyawan.

Faktor lain yang menyebabkan bisnis macet ditengah jalan adalah tidak adanya strategi marketing yang direncanakan atau strategi yang dibangun justru tidak berjalan semestinya. Segala hal yang menghambat jalannya bisnis seharusnya bisa di diselesaikan dengan baik oleh pelaku bisnis walau banyak yang terjadi di lapangan tidak demikian.

Sistem perencanaan bisnis mencakup berbagai aspek, mulai dari manajemen keuangan, produksi, pengembangan produk, perluasan bisnis. Namun yang terpenting dari itu semua adalah produk yang kita hasilkan dapat diketahui masyarakat secara luas.

Jika sistem perencanaan bisnis telah berjalan dengan baik, namun tehnik pemasaran produk masih berjalan ditempat, maka lambat laun bisnis akan gulung tikar. Setiap perusahaan yang baru atau sedang berjalan selalu membutuhkan marketer-marketer di dalamnya. Strategi marketing dalam perusahaan faktor penentu keberhasilan perusahaan tersebut.

Tujuan Pemasaran dalam Bisnis

Menurut pengertiannya, marketing atau pemasaran adalah teknik atau cara dalam menyusun komunikasi agar dapat menyampaikan informasi terhadap masyarakat dalam memenuhi kebutuhan manusia akan barang dan jasa.

Teknik tersebut termasuk menghasilkan produk sesuai kebutuhan konsumen, menetapkan harga pasar, mempromosikan baik itu secara visual maupun oral, dan mendistribusikan ke tempat – tempat konsumen.

Namun, bagaimana caranya agar produk yang disalurkan dapat disukai, menjadi kebutuhan, dan dibeli konsumen secara berkala?

Di sinilah fungsi dan tujuan dari strategi marketing, yaitu menciptakan nilai jual yang lebih tinggi terhadap barang atau jasa yang kita hasilkan dengan menjadikan riset pasar dan produk pesaing sebagai tolak ukur.

Sebagaimana tujuan dari pemasaran sebagai proses komunikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka setiap pelaku bisnis seharusnya menyadari tentang pentingnya memberi informasi atau promosi terhadap barang atau jasa yang dihasilkan.

Tujuan pemasaran atau promosi bagi bisnis adalah :

  • Sebagai proses penyebaran informasi terhadap target pasar.
  • Untuk meningkatkan penjualan sehingga otomatis keuntungan meningkat.
  • Dengan promosi dapat menambah pelanggan baru dan menjaga hubungan baik terhadap konsumen.
  • Kestabilan penjualan produk tetap terjaga meskipun situasi pasar kurang  mendukung.
  • Promosi yang dilakukan secara berkala akan membuat produk yang kita hasilkan menjadi beda dari produk lain dan tetap unggul dibanding pesaingnya.
  • Citra produk yang kita hasilkan tetap terasa di mata konsumen
  • Promosi yang kita lakukan dapat mempelajari keinginan konsumen lebih spesifik sebagai bahan pertimbangan untuk produk ke depannya.

Promosi sebagai bagian dari strategi marketing dapat menambah daya tarik konsumen untuk mengkonsumsi produk yang kita hasilkan dan secara otomatis angka penjualan akan meningkat. Prinsip dari pemasaran yaitu menghasilkan nilai terhadap pelanggan, unggul dalam bersaing, dan fokus terhadap pemasaran.

Pemasaran bukan berarti mendapat pelanggan saja, namun bagaimana memperbaiki dan menjaga kondisi kompetetif agar tetap baik. Seorang pelaku bisnis harus mampu menciptakan produk yang lebih bermutu dengan harga yang lebih terjangkau dan layanan yang lebih baik dan cepat dibanding pesaing.

Pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap produk yang kita pasarkan menambah nilai plus bagi bisnis kita, khusunya segi perkembangan. Pelaku bisnis yang mengetahui cara terbaik untuk mempertahankan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan calon wirausaha yang sukses. Kunci akhir dari semua upaya ini adalah strategi marketing yang diterapkan – PT KONTAK PERKASA FUTURES