saham asia 1KONTAK PERKASA FUTURES – Saham-saham di China dan Hong Kong menguat setelah otoritas menyatakan bahwa integrasi bursa antara Hong Kong dan Shanghai akan dimulai pekan depan, sementara yuan menguat.

Hong Kong Exchanges & Clearing Ltd. menguat 4.7%. Lenovo Group Ltd. berada pada laju kenaikan. China State Construction Engineering Corp. melonjak 8.5%. Sementara yuan menguat terhadap dollar setelah bank sentral menaikkan suku bunga acuan, kenaikan tersebut tertinggi sejak Juni 2010 lalu.
Indeks Shanghai Composite catat gain 1.2% ke level 2,446.62 pada sesi 1, menuju level penutupan tertinggi sejak Mei 2012 lalu. Indeks Hang Seng menguat 1.7% ke level 23,939.74 pada sesi 1. Para pialang telah bekerja secara overtime untuk bersiap menjelang integrasi bursa, hal tersebut sebagai bagian dari upaya China guna mendorong penggunaan yuan dan menjadikan Shanghai sebagai pusat finansial internasional.

Bursa saham pada 2 kota tersebut akan memulai perdagangan saham melalui program tersebut yang telah memperbolehkan pembelian saham sebesar 23.5 miliar yuan ($3.8 miliar) per hari ketika transaksi pembelian lintas bursa pada 17 November mendatang, hal itu menurut otoritas pada joint statement hari ini.