KONTAK PERKASA FUTURES – Kemenangan pemilu Perdana Menteri Shinzo Abe tidak menghentikan penurunan Bursa Saham Jepang pada hari ini, Indeks Topix menuju level terendah dalam sebulan terakhir akibat pelemahan ekuitas AS terkait kekhawatiran mengenai minyak mentah.

 Sebanyak 31 dari 33 saham grup industri pada Indeks Topix melemah, dengan saham-saham perusahaan asuransi dan airline pimpin penurunan. Toyota Motor Corp., melemah 2%. Itochu Corp. turun 4.3%.
Indeks Topix melemah 1.1% ke level 1,384.20 pada sesi 1 di Tokyo setelah pekan lalu mengalami penurunan 3.2%. Hari ini indeks acuan tersebut menuju ke level penutupan terendah sajk 17 November lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 1.3% ke level 17,144.41. Koalisi partai berkuasa Abe memenangkan lebih dari 2/3 dari 475 kursi parlemen, sama seperti menjelang pemilu kemarin. Sementara itu, yen menghapus gain sebesar 0.8% yang stabil pada level 118.76 per dollar. Indeks Standard & Poor 500 melemah 1.6% pada 12 Desember lalu.
Kemenangan Abe dibayangi oleh sedikitnya jumlah peserta pemilu sejak Perang Dunia II, dia tidak memerlukan mengadakan pemilu lain hingga 2018 mendatang, secara potensi mengantarkannya menjadi perdana menteri terlama dalam 4 dekade terakhir. Indeks Topix telah mengalami kenaikan dua kali lipat sejak pemilu diadakan pada 2012 silam yang telah mengantarkan pemerintahannya mengalami momentum kenaikan, meski rilis data menunjukkan  Jepang kembali ke resesi ekonomi di tahun ini setelah kenaikan pajak penjualan yang menekan sektor konsumsi.