Saham China jatuh dari level tertingginya sejak 2009 lalu akibat meningkatnya harga bahan bakar mengikirim saham maskapai penerbangan terkoreksi, dibayangi oleh penguatan saham produsen material.
Indeks Shanghai Composite turun sebesar 0,5 persen ke level 3,560.50 pada 10:03 pagi waktu setempat. Indeks itu telah naik sebesar 77 persen selama 12 bulan terakhir hingga kemarin karena investor berspekulasi mengenai stimulus moneter yang akan menghidupkan kembali pertumbuhan perekonomian yang berlangsung selama empat tahun terakhir. Nilai saham yang diperdagangkan lebih dari dua kali lipat moving average 30-hari untuk hari ini.
Indeks CSI 300 turun sebesar 0,5 persen. Indeks Hang Seng Hong Kong China Enterprises naik sebesar sebesar 0,7 persen, sedangkan indeks Hang Seng melonjak sebesar 0,8 persen. Indeks saham Bloomberg China-AS naik sebesar 1,6 persen di New York pada Rabu kemarin.
Indeks kekuatan relatif (RSI) 14-hari indeks saham Shanghai Composite, mengukur seberapa cepat harga saham telah naik atau turun selama periode waktu tertentu, mencapai level 74,6 pada Rabu kemarin, menunjukkan harga mungkin bersiap untuk turun. (izr)
Sumber: Bloomberg